Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Personel Bidhumas Polda Banten dan PPID Polresta Tangerang Ikuti Pelatihan Manajemen Media

Selasa, 25 Januari 2022 | Januari 25, 2022 WIB Last Updated 2022-01-25T07:52:40Z


SWARABANTEN
- Personel Bidhumas Polda Banten dan PPID (Pejabat Pengelolaan Informasi Dokumentasi) Polresta Tangerang ikuti Pelatihan Manajemen Media yang dilaksanakan di Aula Parama Satwika Polresta Tangerang pada Selasa (25/01). 


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakapolresta Tangerang AKBP Leonard Sinambela didampingi oleh Kasubbid PID Bidhumas Polda Banten AKBP Rahman Arif dan Jurnalis CNN Indonesia Budi Tanjung.


Dalam kegiatan ini turut menghadirkan pemateri eksternal dari media nasional. "Ada enam pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan pelatihan ini. Pemateri ini adalah orang yang sudah sangat berkompeten di bidang manajemen media dan akan berbagi ilmu dengan para peserta pelatihan," ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga.


Adapun pemateri yang hadir dalam pelatihan ini yaitu Isson Khairul penulis senior Kompasiana, Tama Reporter Tribun News video, Didik Wiranto eks Produser News Program Trans TV, Jangkung manager sosial media CNN Indonesia, Toto Sunandar eks redaktur Detik.com dan Mada Mahfud Pemred iNews Cilegon dan Depok.


Selanjutnya pemateri Isson Khairul memberikan pemahaman tentang materi kepenulisan siaran pers. "Adapun pokok-pokok materi dalam penulisan siaran pers adalah memahami standar siaran pers yang baik, penulisan siaran pers dan tahap publikasi," kata Isson.


"Setiap berita yang baik harus bisa dirilis atau disampaikan kepada masyarakat dengan tehnik pemberitaan yang bisa menggiring pemahaman masyarakat kepada tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi kepolisian," tambah Isson.


Dalam pelatihan ini peserta juga diminta untuk langsung membuat rilis berita dari kegiatan positif kepolisian.


Pemateri selanjutnya Jangkung yang memberikan materi pengenalan karakter sosial media. Dalam materi ini, pemateri menjelaskan beberapa poin seperti mengenali karakter masing-masing media sosial, strategi menyebarkan konten melalui media sosial, cara kerja algoritme media sosial, daya pengaruh media sosial terhadap publik dan bagaimana pengguna mengkonsumsi media sosial.


Dalam pelatihan ini juga diajarkan terkait manajemen media massa dengan cara mengenal tugas pokok dan fungsi Humas Polri, mengeksplorasi hal-hal yang ada di lingkungan untuk membangun citra baik bagi institusi Polri melalui Humas dan trik menyusun fokus isu dan nilai berita.


Diakhir Kabid Humas Polda Banten berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini PPID Polresta Tangerang dapat terus merangkum kegiatan positif kepolisian di Satwil masing-masing. "Mari kita berlomba-lomba sajikan informasi ke masyarakat jika kegiatan kepolisian adalah kegiatan positif dengan cara kita angkat dengan berita di masing-masing Satwil PPID," tutup Shinto. (*/uc)