Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

GCE Banten Buka Wawasan Guru Dalam Platform Merdeka Mengajar

Selasa, 07 Februari 2023 | Februari 07, 2023 WIB Last Updated 2023-02-06T17:09:10Z


SWARABANTEN
- Google Certified Educator (GCE) Banten Merupakan komunitas belajar yang memiliki peran dalam memfasilitasi belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka.


Selain itu memfasilitasi teknologi informasi, pemanfaatan akun pembelajaran, digitalisasi pendidikan, memfasilitasi diskusi untuk memecahkan masalah.


Memfasilitasi proses berbagi praktik baik dengan rekan sejawat, dan memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat.


“Apresiasi pencapaian luar biasa bagi komunitas GCE Banten, yang kami persembahkan untuk guru, tenaga kependidikan, kepala sekolah, pengawas, dindikbud prov/kab/kota, BGP, BPMP di Provinsi Banten," kata Dudi Wahyudi, selaku Ketua Komunitas GCE Banten, sekaligus sebagai kepala SMAN 2 Panggarangan, kepada SwaraBanten.com.


Dudi juga menyampaikan aspresiasi atas dukungan langsung dari Pemprov Banten dan Pemda kab/kota.


"Karena berkat kolaborasi semuanya semangat dan konsistensi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dapat dirasakan langsung,” ujar Dudi.


Menurut Dudi,  sebagai komunitas belajar selalu mengedepankan pada tiga hal, yaitu pendekatan dengan stakeholder pendidikan, program implementatif dan konsistensi kegiatan rutin yang dinamai Persegi atau pertemuan selasa berbagi, yang semuanya selalu terpublish di PMM sebagai media utama, grup sahabat gce banten dan situs GCE Banten 


"Dalam pelaksanaan kegiatan di PMM, GCE Banten telah memiliki 5211 pengikut di PMM, 3400 pengikut di telegram, 359 pengikut di whatsapp yang dikelola oleh 154 anggota dan 9 tim inti dari unsur coKapten belajar.id. Komunitas ini bergerak sebagai komunitas volunteer dengan semangat belajar, berbagi dan kolaborasi," Terangnya.


Dikatakan dudi, Secara korelasi, kegiatan yang terpublish di PMM dan terus diikuti oleh semua peserta menandakan bahwa Platform Kemdikbud ini, memiliki peran penting membuka wawasan guru dalam praktik baik, membuka pintu kolaborasi dan tentunya akan menjadi sahabat belajar bagi guru


Sebab, Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah Platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya yang dikembangkan oleh Kemdikbud.


Sedangkan Komunitas Belajar adalah sekelompok guru, tenaga kependidikan, dan pendidik yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama terhadap transformasi pembelajaran, terutama dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).


"Untuk bisa melihat kegiatan-kegiatan kami, silakan bisa pantau di PMM atau situs kami GCE Banten, akan selalu kami rilis kegiatan-kegiatan praktik baik, upgrrading semuanya gratis dan bersertifikat," imbuh Dudi.


"Kami akan selalu menjaga semangat dalam percepatan program-program penguatan bagi guru dan selalu siap menjadi garda terdepan dalam membantu program pemerintah pusat, provinsi maupun kab/kota,” tambah Dudi. (MatiN)