Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hadirnya Program Duta Literasi di SMAN 1 Panggarangan Dorong Pengembangan Ide Kreatif yang Inovatif dan Berwawasan

Kamis, 23 Februari 2023 | Februari 23, 2023 WIB Last Updated 2023-02-23T03:03:43Z


SWARABANTEN
-
Dalam rangka menumbuh kembangkan minat baca dan tulis terhadap pelajar SMAN 1 Panggarangan, perlu adanya terobosan baru, berupa hadirnya duta literasi sekolah.


Duta literasi sekolah ini sebagai motivasi dalam usaha kearah pengembangan yang lebih kreatif, inovatif dan berwawasan di segala bidang ilmu pengetahuan.


Oleh karenanya program rutinitas sekolah dalam satu tahun senantiasa menggali potensi termasuk melakukan penilaian objek untuk menjadi duta literasi.


"Alhamdulillah SMAN 1 Panggarangan memiliki program literasi kemudian dalam satu tahun sekali akan dipilih 2 orang untuk menjadi duta literasi. Duta literasi ini bukan hanya sekedar pemilihan seremonial , namun merupakan model bagi para siswa sebagai generasi milineal untuk terus mampu mendorong dalam menciptakan ide-ide inovatif, kreatif salahsatunya terjun langsung pihak sekolah mengaplikasikan lewat gerakan literasi," Kata kepala SMAN 1 Panggarangan, Cahya Irawan, Rabu (23/2/2023)


Menurut Cahya, saat ini program literasi di SMAN 1 Panggarangan sudah berjalan sangat baik bahkan tepatnya tanggal 20 Februari 2023, pihak sekolah sudah menggelar pemilihan duta literasi. Dari 10 orang finalis, 2 diantaranya sudah memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai Duta literasi sekolah. Dari hasil penilaian sekolah ternyata siswa sudah mampu mencari solusi dalam pemecahan masalah setiap permasalahan dalam kehidupan.


"Jadi program literasi sekolah ini bukan diartikan sempit hanya mampu membaca dan menulis, namun secara luas lewat kemampuan ide dan kreatifitasnya akan mendorong dalam berbagai persoalan untuk dicarikan solusinya. Sekolah sebagai sarana atau media dalam memfasilitasi minat dan bakat siswa maka akan semaksimal mungkin untuk terus menggali segenap kemampuan para siswa terutama dalam pembentukan mental dan karakter," ujarnya.


Sebagai tindak lanjut kata Cahya  program duta literasi, dua orang siswa yang sudah terpilih akan menjadi motor penggerak untuk seluruh siswa menulis bersama.


"Insya Allah akan dimulai dari tulisan puisi utk dimuat dalam buku antologi puisi karya siswa-siswi SMAN 1 Panggarangan. Setelah terbit 1 buku, akan dilanjutkan dengan karya - karya lainnya, cerpen esai dan lainnya," pungkasnya. (MATIN)