Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Momentum HPN, DPC Way Kanan Resmi Mendaftar ke Kesbangpol

Selasa, 14 Februari 2023 | Februari 14, 2023 WIB Last Updated 2023-02-14T01:56:00Z


SWARABANTEN
– Sukses pelaksanaan Munas I Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) pada 25 November 2022 kemarin, memicu organisasi profesi pers yang usianya belum setahun ini terus bergerak dengan target menjadi konstituen Dewan Pers.


Seluruh Pengurus di semua tingkatan baik DPD dan DPC se Indonesia telah melakukan pendaftaran di Kesbangpol masing-masing.


Hal ini juga dilakukan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Kabupaten Way Kanan yang menghiasi jumlah organisasi pers yang berbadan Hukum, Selasa, 07 Februari 2023 pekan lalu.


Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan pasal 5 dan pasal 9 menyatakan bahwa Ormas yang berbadan hukum Yayasan dan Perkumpulan tidak memerlukan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan harus melaporkan keberadaan kepengurusannya di daerah kepada Pemerintah daerah setempat.


“Alhamdulillah hari ini saya didampingi oleh Wakil Sekretaris DPC PJS Way Kanan Wiwien Novandra S.Kom M.Ti mengantarkan berkas pendaftaran untuk melaporkan keberadaan DPC PJS, di Kantor Kesbangpol,” ujar Ketua DPC PJS Way Kanan H. Hermansyah melalui Bendara DPC PJS Way Kanan, Ferdiansyah.


Ferdiansyah, menyampaikan bahwa hal ini lakukan sebagai wujud keseriusan anggotanya dalam berorganisasi dan patuh terhadap Undang-undang dan Peraturan Pemerintah.


“Segala dokumen-dokumen administrasi kelengkapan organisasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, semuanya sudah dilengkapi, dan tidak ada kekurangan apapun,” pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Umum Pemerhati Jurnalis Siber M. Marhaba mengapresiasi gerak cepat Pengurus DPC PJS Kabupaten Way Kanan untuk meresmikan PJS sebagai organisasi pers yang terdaftar di wilayah Kabupaten Way Kanan.


"Sebagai Ketua Umum saya sangat mengapresiasi kepada DPC PJS Waykanan yang telah mendaftar organsiasi profesi pers PJS di Kesbangpol, Ini adalah tahapan yang layak dicontoh oleh pengurus lainnya," pungkasnya.


Ditegaskan juga oleh Ketua Umum DPP PJS bahwa pendaftaran organisasi pers PJS di setiap provinsi dan kabupaten kota merupakan instruksi yang patut dijalani sebagai barometer pelaksanaan pendaftaran PJS ke Dewan Pers.


“Anggap saja pendaftaran ke Kesbangpol sebagai tahap pra pendaftaran PJS ke Dewan Pers sebagai calon konstituen Dewan Pers mendatang,” tegas Mahmud Marhaba yang usai menghadiri Seminar dan Pelantikan DPD PJS Sumtaera Utara. [Kacong]