Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

JPKP: Pemkab Lebak Harus Segera Siapkan Tempat Isolasi Untuk Pemudik

Jumat, 10 April 2020 | April 10, 2020 WIB Last Updated 2020-05-07T11:52:30Z
Ketua DPD JPK Lebak, Usep Setiana

SwaraBanten.com – DPD Jaringan Pendamping Kinerja Pembangunan (JPKP) Kabupaten Lebak, mendukung imbauan Pemerintah untuk tidak melakukan mudik, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun demikian, pemerintah juga perlu segera mempersiapkan tempat isolasi untuk masyarakat yang tetap melakukan mudik.

Demikian dikatakan Ketua DPD JPKP Kab Lebak, Usep Setiana, menyikapi fenomena kekinian, berkait dengan imbauan pemerintah agar warga tidak melakukan mudik, tetapi faktanya ada saja warga yang melakukan mudik

“Bukan hanya imbauan untuk tidak mudik atau membuat posko di perbatasan wilayah, pemerintah dalam hal ini Pemkab Lebak juga harus mempersiapkan tempat isolasi mandiri (selama 14 hari) untuk pemudik terutama berasal dari zona merah,” ujar Usep, Jum'at, (10/04/2020)
Usep juga mengatakan, karena itu bersifat imbauan maka bukan sebuah jaminan tidak ada yang mudik. Karena, persoalan mudik sudah menjadi bagian dari budaya bangsa ini, selain itu mereka juga di perkotaan sudah banyak yang terdampak PHK di perusahaan tempatnya bekerja
"Ini yang yang harus menjadi PR bersama. Kita harus memaklumi mereka, kondisi mereka di kota dibayangi rasa khawatir, ditambah banyak yang sudah tidak memiliki penghasilan lagi," kata Usep

Khusus di wilayah Kabupaten Lebak, lanjut Usep, ini harus segera diantisipasi, mumpung saat ini Lebak masih 0 Positif Covid-19. "Terkait lokasi isolasi bisa menggunakan Villa, losmen, gedung sekolah, dan lokasi lokasi lain yang tentunya semua di tanggung oleh pemerintah,"  imbuhnya.

Tak hanya itu, Pemkab Lebak wajib memfasilitasi APD (Alat Pelindung Diri), bukan hanya bagi para petugas medis, tapi bagi seluruh stakeholder gugus tugas dan relawan penanganan Covid-19.

"Mereka para relawan dan gugus tugas penanganan covid-19 harus diberikan APD yang lengkap, bayangkan apa yang mereka kerjakan sangatlah berbahaya dan perlu diperhatikan oleh pemerintah. Pemkab Lebak harus bertindak cepat, jangan hanya imbauan saja,” tegas Usep (uc/red)