Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bakti Akabri 1996 Bharatasena, Bantu Recovery Sektor Ekonomi Kecil Melalui Transformasi Digital

Selasa, 21 September 2021 | September 21, 2021 WIB Last Updated 2021-09-30T15:48:59Z


SwaraBanten
- Ditengah situasi pandemi Covid-19, upaya penanggulangan dan pencegahan menjadi sebuah keniscayaan. Tak boleh dilupakan pula, recovery sektor UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) harus menjadi perhatian bersama.

Itu pula yang belum lama ini dilakukan oleh Alumni AKABRI 1996 Bharatasena, yang terus membantu pemerintah dalam penanggulan covid-19,melalui kegiatan serbuan vaksinasi, penyaluran bantuan sosial hingga terobosan kreatif me-recovery sektor UMKM melalui transformasi digital.

Pembagian paket sembako ini akan digelar oleh alumni Akabri 1996, dalam rangka 25 tahun pengabdian kepada negeri.

Dalam penyaluran sembako, AKABRI 1996 Bharatasena, langsung dilakukan secara door to door, langsung ke titik sasaran dilingkungan padat penduduk, maupun slum area, yang berada di seluruh wilayah ibukota Jakarta dan sekitarnya.

"Bantuan sosial disalurkan secara langsung, door to door ke rumah warga. Namun sebelumnya, dilakukan pendataan dengan  (pembagiannya) tanpa kerumunan. Karena, kami berbagi dengan menggunakan berbagai sarana dan jadwal waktu tertentu," ungkap Kombes Pol Budi Herdi Susianto, selaku Ketua Baksos Akabri 1996, dalam keterangan kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Budi menyampaikan, bahwa kegiatan utama dari 25 Tahun Pengabdian Akabri 1996, ini adalah Menggelar Vaksinasi dan Bakti Sosial. Bakti sosial juga dilakukan dengan rangkaian pemberian bantuan sosial dan bantuan fasilitas untuk pemberdayaan UMKM melalui sistem digital.

Budi melanjutkan, pembagian sembako maupun vaksin dilakukan secara serentak pada hari Kamis, 23 September 2021, dengan pembagian waktu ditentukan oleh panitia, diantaranya pukul 09.00-10.00 WIB.

"Hal yang sama juga dilakukan pada penyelenggaraan vaksin maupun kegiatan yang lain dalam rangkaian kegiatan," imbuh Budi

Melalui Bakti sosial Alumni Akabri 1996 ini, Budi berharap, mampu mendorong serta membantu dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengupayakan peningkatan maupun pertumbuhan perekonomian ditengah pandemi saat ini.

"Ada 9.220 Vaksin dan 7.000 paket sembako yang akan dibagikan secara menyeluruh di kawasan Jakarta dan di beberapa titik di Jabodetabek. Diantaranya berlokasi di SMKN 2 Tangerang, Jalan Veteran  No. 2 Tangerang, pada hari Kamis,  tanggal 23 september 2021," ujar Budi.


Ditambahkan, kegiatan bakti sosial 25 tahun pengabdian Akabri 1996 ini, berupa vaksinasi, pemberian bantuan sosial dan bantuan Fasilitas UMKM, dapat membantu program Presiden Jokowi dan selaras dengan perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, untuk mempercepat serbuan vaksin sehingga akan muncul Herd Immunity dalam upaya peningkatan ekonomi bangsa, dalam menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Rangkul Ratusan UMKM
Di Hari Puncak 25 Tahun Pengabdian Akabri 1996 Bharatasena, juga melakukan Transformasi Digital untuk membantu Pemberdayaan UMKM kepada pelaku usaha mikro kecil yang telah mampu merangkul ratusan UMKM di berbagai provinsi dan kabupaten kota.

"Angka tersebut dibantu agar mampu menembus 3 (tiga) besar e-commerce atau pasar online," ujar Budi.

Budi menambahkan, adapun Polda-Polda dan polres yang sudah melakukan pemberdayaan UMKM melalui Transformasi Digital Presisi yaitu Polda Kalteng dan Polda Kalsel, Polrestabes Surabaya, Polresta Surakarta, Polresta Bandung dan Polrestro Bekasi, yang insya allah akan di ikuti oleh polres-polres lainnya.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan pemberdayaan UMKM yang merupakan bentuk kontribusi kami para alumni Akabri 1996 bharatasena ini, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah masa pandemi, dalam membantu pemerintah, memulihkan perekonomian bangsa," tutup Budi. (*/sp)