Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pelayanan Keliling dan Gratis Disdukcapil Lebak, Disambut Antusian Warga Pondokpanjang

Minggu, 28 November 2021 | November 28, 2021 WIB Last Updated 2021-11-28T05:11:02Z


SwaraBanten -
Guna memberikan kenudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Lebak melakukan pelayanan keliling, diantaranya di Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Sabtu (27/11/2021).  


Meski cuaca hujan, namun masyarakat sangat antusias memanfaatkan  pelayanan keliling dan tanpa dipungut biaya alias gratis yang dilakukan Disdukcapil Lebak itu. Pelayanan adminduk tersebut berupa pembuatan kartu keluarga (KK), akta kelahiran, KTP dan sejenisnya.


Rizal, salah satu warga Kampung Garung yang memanfaatkan program tersebut kepada media mengatakan bahwa dirinya sangat senang ketika mendengar ada program pelayanan adminduk keliling yang diinformasikan melalui ketua RT setempat, terutama bagi dirinya yang  akan membuat Kartu Identitas Anak dengan gratis.


"Sangat senang sekali adaya program ini, mau bikin Kartu Identitas Anak (KIA) dengan gratis dan saya sangat tunggu-tunggu dari dulu," ucapnya.


Kepala Desa Pondok Panjang, Subandi mengimbau kepada seluruh warganya yang belum mempunyai dokumen kependudukan (KTP, KK dan akte kenal lahir) untuk segera memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mendatangi tempat yang sudah di informasikan oleh RT/RW masing-masing.


"Selain mengapresiasi atas sambutan warga yang antusias, saya berharap kepada seluruh warga untuk memanfaatkan kemudahan dan peluang dari program pemerintah yang sekarang sedang berjalan," kata Subandi.


Sementara Marlia, selaku petugas dari Disdukcapil Lebak Kabid Akta Kelahiran menuturkan bahwa pihaknya mengagendakan program ini untuk membantu mempermudah masyarakat memiliki KTP dan KK maupun Akta Kelahiran ini secara gratis.


"Program ini untuk membantu mempermudah masyarakat memiliki KTP dan KK maupun Akta Kelahiran ini secara gratis," ujarnya.


Kata Marlia, dari hasil pelayanan keliling Disdukcapil di Desa ini, dari warga yang hadir untuk membuat adminduk diantaranya KTP 64, KIA sejumlah 44, KK sebanyak 22 dan Akta Kelahiran sebanyak 101.


"Untuk jumlah keseluruhannya  231 orang yang datang walaupun cuaca hujan seharian," tuturnya.


Terpisah, salah satu anggota BPD BPD Pondokpanjang Sekbid Pemberdayaan Masyarakat, Endang Tuti mengaku dengan adanya program ini bisa membantu kesulitan masyarakat terkait masalah administrasi.


"Pelayanan Disdukcapil yang dilaksanakan di Desa Pondokpanjang pada hari Sabtu (28/11/2021) alhamdulilah berjalan lancar. Dengan adanya pelayanan tersebut masyarakat Pondokpanjang yang belum memiliki identitas terutama KTP, KK dan akte lahir bisa terfasilitasi. Misalnya ada seorang warga sedang sakit dan belum memiliki KTP, disalah satu RT di Desa Pondokpanjang, karna adanya pelayanan Disdukcapil ke desa kami, bpk Husen langsung bisa mendapatkan KT," tulis Endang Tuti melalui pesan WhatsApp, Minggu (28/11/2021).  

(A. Riefai)