Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Vaksinasi di Kelurahan Kalodran, Untuk Warga Lansia Diberikan Paket Sembako

Selasa, 16 November 2021 | November 16, 2021 WIB Last Updated 2021-11-16T23:00:45Z


SwaraBanten -
Wilayah Kelurahan Kalodran menjadi tempat terakhir pelaksanaan vaksinasi Covid - 19 tingkat kelurahan, yang diadakan Wilayah Kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kalodran Kecamatan Walantaka Kota Serang


Kegiatan selama sepekan tersebut, bertujuan mensukseskan program Pemerintah Pusat dan Kota agar tercapai Herd Immunity.


Hal ini disampaikan Koordinator lapangan vaksinasi sekaligus penanggung jawab (PJ) imunisasi UPT Puskesmas Kalodran, H. Samani


Ia membenarkan, bahwa kelurahan kalodran merupakan kelurahan yang terakhir dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi diadakan oleh UPT Puskesmas Kalodran.


"Kegiatan kali ini betul yang terakhir kita adakan di Kelurahan Kalodran, yang merupakan wilayah kerja UPT Puskesmas Kalodran," ucapnya, di sela sela giat vaksinasi, Selasa (16/11/2021)


Dalam road show atau kunjungan vaksinasi Covid - 19 yang kali ketiga ini, kata H. Samani, vaksinasi dosis pertama memang lebih banyak daripada dosis kedua, diberikan kepada warga di lima Kelurahan ini.


"Total dosis sebanyak 455 dosis, untuk dosis yang keduanya itu 46 dosis, sedangkan untuk vaksinasi dosis pertama sebanyak 409 dosis," katanya.


"Dengan rincian untuk Teritih 65 dosis, Kepuren 160 dosis, kiara 55 dosis, pager Agung 45 dosis, dan Kalodran 130 dosis," sambungnya.


Untuk warga, masih kata H. Samani, target sasaran usia lansia di lima Kelurahan sebanyak 1578 orang, akan tetapi target usia lansia masih kurang, dibandingkan kunjungan usia umum untuk melakukan vaksinasi Covid 19 ini.


"Cakupan lansia nya masih kurang, dari  masing masing Kelurahan ini secara real nya sudah kita hitung, yakni di angka 40, 5 persen, dari yang datang ini," ungkapnya.


Dengan rinciannya sebagai berikut, Pertama, Kelurahan Teritih, sasaran sebanyak 352 orang, tervaksin 187 orang, dengan persentase di angka 53 %, kedua Kelurahan Kepuren sasaran target lansia 293 orang, yang tervaksin sebanyak 112 org, dan diangka persentase 38%,


Ketiga Kelurahan Kalodran, target lansia 302 orang, yang tervaksin 125 orang, dengan persentase 41%, Keempat Kelurahan Kiara sasaran lansia 285 orang, dan tervaksin sebanyak 102 orang, persentase 36%, dan kelima Kelurahan Pager Agung dengan sasaran lansia sebanyak 346 orang, dan tervaksin 113 orang dengan persentase 33%


"Jadi pencapaian rata rata Vaksinasi Lansia Kelurahan di wilayah kerja UPT Puskesmas Kalodran sebanyak 40,5 %," sambungnya .


Untuk Kelurahan, menurut Samani, yang masuk dalam wilayah kerja UPT Puskesmas Kalodran sudah ada progres dan kemajuan, tapi kalau untuk di angka 70 persen belum mencapai diangka tersebut dan masih jauh, sementara untuk tingkat Kota Serang harus mencapai diangka 65 persen.


"Sementara untuk tingkat kota serang kan harus mencapai diangka 65 persen. Kita baru mencapai diangka 40, 5 persen yach, kita udah progres ini, dan mudah mudahan kita bisa mengejar sisa angka capaian tersebut," jelasnya.


H. Samani mengimbau kepada seluruh keluarga yang memiliki anggota keluarga usia lansia agar mau untuk divaksinasi Covid - 19.


"Harapan dari kita selaku penanggung jawab program vaksinasi untuk lansia memberikan atau mengimbau untuk seluruh keluarga, yang didalam keluarganya itu ada lansia nya, kita menyadarkan atau memberikan edukasi bahwa vaksin itu bukan hanya kebutuhan yang sekarang ini lagi booming, untuk ke mall atau yang lain lain misalnya, tapi menggaris bawahi kesehatannya, untuk memperpanjang usia dari si lansia itu sendiri," imbaunya.


Sementara itu, Lurah Kalodran H. Ahmad Fahrudin menjelaskan untuk warga di lingkungan Kelurahan Kalodran ini, sudah mengikuti vaksinasi Covid - 19 baik itu dosis pertama atau dosis kedua, yang dilakukan oleh pihak UPT Puskesmas Kalodran, dengan tertib dan sesuai protokol kesehatan.


"Alhamdulillah giat vaksinasi yang diadakan di Kelurahan Kalodran ini berjalan dengan lancar dan tertib, warga pun mau untuk tidak berdesak - desakan dan berkerumun, juga mau untuk memakai masker," kata Lurah Kalodran, H. Ahmad Fahrudin.


Untuk warga usia lansia, kata Ahmad Fahrudin, sebagai bentuk apresiasi atas  partisipasi telah melakukan vaksinasi Covid - 19 ini, pihaknya sesuai arahan Pimpinan Kecamatan Walantaka untuk memberikan bantuan berupa paket sembako.


"Sesuai arahan Pimpinan kita, dalam giat vaksinasi ini target sasaran vaksinasi usia lansia diberikan bantuan paket sembako," paparnya. (UC)

×
Berita Terbaru Update