Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ini yang Dilakukan TBM Mipir Demi Bangkitkan Semangat Literasi di Desa Cilangkap

Selasa, 31 Oktober 2023 | Oktober 31, 2023 WIB Last Updated 2023-10-31T08:04:24Z


SWARABANTEN -
Taman Baca Masyarakat (TBM) Mipir menggelar acara hari sumpah pemuda dan bulan bahasa dengan tema 'Peran Pemuda dan Pentingnya Literasi Masyarakat'. Acara ini dilaksanakan di Aula Serba Guna TBM Mipir Desa Cilangkap, Wanasalam, Lebak, Banten dan berkolaborasi dengan masyarakat yang terhimpun dalam Persatuan Pemuda Warungjogjog (PPW). 


Pengurus TBM Mipir, Yusi Maesuri menjelaskan, dalam kegiatan peringatan sumpah pemuda dan bulan bahasa tersebut juga ada sesi lainnya, seperti mendongeng yang dimotori Kak Imam Baihaqi dari kampung dongeng yang dihadiri oleh anak-anak PAUD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 76 orang serta beberapa ibu-ibu yang hadir pun turut mengikuti dengan penuh antusias. 


"Dalam kegiatan ini, kami (TBM Mipir) menyediakan doorpirze bagi yang mampu menjawab pertanyaan seputar kegiatan sumpah pemuda dan buku yang telah mereka baca sebelumnya," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin, 30 Oktober 2023.


Dikatakannya, kegiatan ini melibatkan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Lebak, PPW, Desa Cilangkap, MI, PAUD serta ibu-ibu. Adapun perlombaan lainnya yang berkaitan dengan peringatan sumpah pemuda yaitu, lomba pidato, puisi, mewarnai gambar untuk anak PAUD dan MI kelas 1 dan 2.


"Hadiah yang disediakan berupa ATK, uang untuk juara satu, tas, hingga tupperware yang sangat diminati ibu-ibu. Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) turut membantu kegiatan ini juga terlibat untuk menjadi Dewan Juri pada lomba pidato dan puisi," 


"TBM Mipir harus berperan erat dengan kebutuhan masyarakat seperti menindaklanjuti minat study pemuda-pemudi, juga mencetus penggerak selanjutnya di masyarakat," timpal Ketua FTBM Kabupaten Lebak, Sidiq Nulhaq. 


Sementara itu, Sekretaris Desa Cilangkap, Sapin Permana mengungkapkan, pihaknya sangat senang dan mendukung kegiatan tersebut, sebab dengan adanya kegiatan ini telah turut serta ikut meramaikan kegiatan di masyarakat pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa. "Semoga ke depannya terus ada kegiatan-kegiatan baik seperti ini untuk mengenalkan, mengembangkan dan memajukan Desa," harapnya. (MA)