Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lapas Cilegon Sosialisasikan SOP Penerimaan Tahanan Menghadapi AKB

Kamis, 18 Juni 2020 | Juni 18, 2020 WIB Last Updated 2020-06-20T05:56:50Z
Swarabanten.com - Menindaklanjuti Surat Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan (PAS) Nomor: PAS7.PK.01.06.06 - 190 tanggal 30 Mei 2020 tentang Kewajiban Pelaksanaan Protokol Kesehatan dalam Pandemi Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon langsung berkolabolrasi dengan pihak Kejaksaan dan Polres Cilegon, Kamis (18/06/20)

Dalam hal tersebut Lapas Cilegon langsung mensosialisasikan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) penerimaan tahanan baru dalam menghadapi AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) kepada para penegak hukum diwilayah Cilegon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Keamanan dan Tata Tertib (Kamtib), Kasi Bimbingan Napi dan Anak Didik (Binadik) serta Kepala Subseksi (Kasubsi) Registrasi.

Pada kunjungan tersebut Kasi Kamtib, M Rolan menjelaskan bahwasanya penerimaan tahanan baru nantinya akan diberlakuakn SOP baru dalam menghadapi AKB, yang mewajibkan Tahanan nantikan harus melengkapi syarat-syarat sesuai dengan surat edaran Dirjen PAS Nomor: PAS7.PK.01.06.06 - 190.

"Ya betul, kedepannya dimasa pandemi ini kami Lapas Cilegon akan memberlakukan itu, ketika tahanan baru yang dikirim dari pihak kejaksaan atau kepolisian tidak memenuhi syarat maka akan kami koordinasikan kepada pimpinan"ucapnya.

"Salah satu syarat tahanan baru akan diterima di Lapas Cilegon ya harus dilakukan rapid test anti-bodinya dulu, tahanan juga wajib menggunakan masker, mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan standar Kemenkes, serta akan kami tempatkan pada blok terpisah dari penghuni lama untuk dilakukan isolasi mandiri" jelas Rolan.

Sedangkan Kasi Binadik, Oki S menegaskan ketika ditemukan Tahanan baru yang reaktif, maka akan langsung kami hubungi Gugus Tugas untuk pelaksanaan tes swab.

"Ini kami lakukan agar dalam masa pandemi ini Lapas Cilegon tetap terhindar dari penyebaran virus corona, dan kami harap semua pihak dapat mendukung SOP ini" harap Oki. (Rls/Anas)