Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Granat Aktif di Pesawahan Ditemukan Warga Tambak Baya

Sabtu, 18 Juli 2020 | Juli 18, 2020 WIB Last Updated 2020-07-18T11:58:33Z
SwaraBanten.com - Warga Sumur Leweng Desa Tambak Baya,  Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak digegerkan dengan penemuan sebuah granat. Granat yang berjenis Manggis yang masih aktif tersebut ditemukan warga saat membersihkan lahan persawahan pada Selasa 30 Juni 2020 pukul 15.00 Wib. 

"Saya temukan di deket area pesawahan saluran air di Kampung Sumur Leweng, Desa Tambak Baya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak. Saya gak tau bahwa itu granat yang memang masih aktif."kata Andi kepada awak media, Jum'at 17 Juli 2020.

Dikatan Andi, dia juga sempat membawa granat tersebut ke dalam kantung celana dan menarohnya di pinggir rumah. Menurut Andi, selama ini dia hanya mengetahui granat di film-film. Sementara kata dia, untuk bentuk aslinya belum pernah melihatnya. 

"Sudah 16 hari di pinggir rumah, terus ada Pak RT datang dan menyebut bahwa itu granat yang harus segera di serahkan ke petugas yang berwajib."tutur Andi. 

Sementara itu, tak butuh waktu lama. Tim Penjinak Subden Satu (1) Jibom Iptu Wahijan langsung terjun ke lokasi kejadian penemuan granat di Kampung Sumur Leweng Desa Tambak Baya, Cibadak. Menurut Wahijan, granat tersebut dalam kondisi aktif sempurna dan dapat meledak sehingga membahayakan warga. Kata Wahijan, dia berseta tim Jibom dari Polda Banten langsung mengamankan granat berjenis manggis tersebut dan dibawa ke Mapolda Banten.

“Kalau kita liat kondisi granat tersebut sangat sempurna. Untuk kondisi aktif dan tidak aktif, yang jelas dalam SOP kita dikatakan aktif dan sangat berbahaya,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, dengan beratribut lengkap tim Gegana melakukan pengamanan granat dan memasang police line di lokasi ditemukannya granat. Granat tersebut saat ini sudah diamankan. Untuk kronologis penemuan granat itu sendiri katanya,  ditemukan oleh warga pada tanggal 30 Juni  2020 lalu saat sedang membersihkan saluran irigasi di lahan persawahan di daerah tersebut. 

Sementara itu, di tempat yang bersamaan, Kasat Reskrim Polres Lebak AKP David Adhi Kusuma membenarkan adanya penemuan granat jenis manggis oleh warga Tambak Baya, Cibadak, Lebak. Menurut keterangan warga, kata David mereka tidak mengetahui bahwa barang itu berbahaya dan sempat di simpan di samping rumah.

"Dapat kabar ada penemuan langsung mengecek ke lokasi. Kemudian melaporkannya ke Tim Jibom Polda Banten. Saya menghimbau kepada warga senadainya ada barang yang memang mencurigakan agar melaporkan ke pihak yang berwajib," Tutupnya.(red)