Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sinkronisasi Dengan Dunia Kerja, SMKN 1 Malingping Gelar Workshop

Rabu, 11 November 2020 | November 11, 2020 WIB Last Updated 2020-11-11T08:45:35Z


SwaraBanten.Com
- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Malingping menggelar workshop sinkronisasi kurikulum antara satuan pendidikan dengan industri dan dunia kerja (IDUKA), bertempat di auditorium resto Batete Kadujajar Malingping, Rabu (11/11/2020).

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Direktorat SMK Kemendikbud RI, Dr. jahani MM, sekaligus pemateri, pihak dunia industri/ usaha dari PT perkebunan Nusantara VIII Pabrik Kertajaya Enin Suhandi, Kepala sekolah SMKN 1 Malingping, Jahar, Camat Malingping, Cece Saputra.

Dalam workshop yang berjumlah 50 orang peserta, panitia secara ketat menerapkan protokol kesehatan. Diantaranya setiap peserta yang akan mengikuti harus diukur suhu badan, dengan menggunakan Thermo gun dan wajib menjaga jarak, pakai masker, dan tetap tersedia tempat cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Kepada SwaraBanten.Com, ketua pelaksana kegiatan workshop, Sukdi, M.Pd mengatakan kegiatan workshop sinkronisasi kurikulum, antara satuan pendidikan dengan industri dan dunia kerja, merupakan upaya peningkatan terhadap mutu dan kualitas pendidikan, terutama dalam menghadapi perkembangan dunia industri yang semakin maju.

"Mengingat terus berkembangnya industri  disetiap tahunnya, meliputi dari segi peralatan dan materi praktek, maka perlu penyesuaian bagi Siswa-siswi SMKN 1 Malingping, sehingga kedepan ketika telah lulus, siap untuk bekerja di industri," katanya.

Lebih lanjut kata Sukdi, tujuan workshop ini selain sebagai peningkatan kompetensi para guru pada satuan sekolah terutama di SMKN 1 Malingping, juga mampu menjawab akan kebutuhan sesuai kurikulum yang ada atau disesuaikan dengan perkembangan industri. Kemudian, perlunya link and match antara setiap kompetensi jurusan dengan dunia industrinya masing-masing.

"Sudah semestinya, penyesuian kurikulum terutama dalam jurusan disetiap sekolah itu disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan dunia industri dan dunia kerja, agar mampu mencetak sumber daya manusia yang siap kerja," ujarnya.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Malingping, Jahar Hermawan, kepada wartawan mengatakan, kegiatan yang melibatkan peserta dari seluruh tenaga pendidik di SMKN 1 Malingping ini, merupakan bagian dari sekolah sasaran Center of Excellence (COE) atau pusat unggulan.

Ditambahkan Jahar, SMKN 1 Malingping akan menjadi sekolah rujukan jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran (OTKP) bagi sekolah kejuruan disekitarnya.

"Tidak hanya itu, para tenaga pendidiknya juga memiliki kompetensi yang tersertifikasi, dapat dijadikan sebagai trainer atau instruktur bagi sekolah lain. Oleh karenanya, dalam menghadapi dunia industri dan kerja harus disiapkan dengan matang dan benar arahnya," ujarnya (matin)

×
Berita Terbaru Update