Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kemenag Dukung FSPP Berdayakan Pertanian Pesantren

Sabtu, 19 Desember 2020 | Desember 19, 2020 WIB Last Updated 2020-12-19T00:01:32Z
SWARA
BANTEN
-Kementerian Agama mendukunh rencana Forum Silahturahmi Pondok Pesantren (FSPP) untuk memberdayakan pertanian pondok pesantren. 
Dukungan ini disampaikan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghofur saat memghadiri Refleksi Akhir Tahun FSPP di Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Mizan, Banjar, Pandeglang, Sabtu (18/12).
Refleksi akhir tahun ini berlangsung dua hari, 18 - 19 Desember 2020. Hadir sejumlah pimpinan pesantren, pengurus dan anggota FSPP.Hadir juga, Staf Khusus Wakil Presiden Guntur Subagio Mahardika, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan  Presiden Indonesia Saudi Arabia Bussiness Council Muhamad Hasan Gaido.
"Kita dukung dan akan membantu fasilitasi pengembangan dan pemberdayaan produk pertanian pesantren," terang Waryono.
"Kita sedang menjajaki kerjasama dengan BUMN untuk bersama memberdayakan potensi ekonomi pesantren," lanjutnya.
Sebelumnya, Muhamad Hasan Gaido mengatakan refleksi akhir tahun ini akan mendiskusikan pengelolaan hasil pertanian pondok pesantren. Banyak produk pertanian yang sudah dihasilkan, antara lain: tanaman porang, pisang, singkong, padi, cabai, dan jengkol. Pengelolaannya ke depan akan dibantu oleh team Insan Pertanian dan Nelayan (INTANI).
“Intani untuk wilayah Banten juga akan dibentuk kepengurusannya dan langsung bersinergi dengan FSPP,” ungkap Hasan.
Hasan juga mengapresiasi terbitnya UU Pesantren. Menurutnya, regulasi ini merekognisi pesantren sehingga setara dengan lembaga pendidikan lainnya.
“Lulusan pesantren nantinya bisa punya ijazah sarjana sehingga bisa menguatkan pembangunan Indonesia, utamanya dalam bidang ekonomi syariah dan ketahanan pangan berbasis pondok pesantren dan komunitas,” tutup Hasan. (RLS/NH)
×
Berita Terbaru Update