Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dukung Pemberdayaan KUMK, Kemenkop Kerjasama Dengan ITB

Minggu, 21 Maret 2021 | Maret 21, 2021 WIB Last Updated 2021-03-21T11:00:24Z


SwaraBanten.com
- Kementrian Koperasi dan UKM sepakat melakukan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mendukung program pemberdayaan bidang Koperasi dan UKM yang  akan menjadi fokus target pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Melalui siaran pers yang diterima media ini, Sekretaris Kemenkop dan UKM Arif Rahman Hakim mengungkapkan hal itu usai melakukan pertemuan dengan Rektor ITB Prof Ir Reuni Wirahadikusumah,PhD di gedung Rektorat ITB di Bandung, pada Kamis (18/3/2021). 

"Kerjasama ini akan dimulai pada tahun 2021 ini dan diharapkan dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang dimana saat ini sedang dipersiapkan penguatan kelembagaan dan anggaran Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka mendukung pencapaian target pemerintahan kedepan," kata  Arif Rahman Hakim. 

Selanjutnya, sebagai payung hukumkerjasama kedua belah pihak perlu segera diselesaikan nota kesepahaman (MoU), dimana dalam masa pandemi Covid-19 penandatanganannya disepakati untuk tidak dilakukan secara seremonial, namun cukup desk to desk dan akan dirilis sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat. 

Arif menjelaskan , fokus kerjasama di tahun pertama ini akan dititik beratkan kepada tema kewirausahaan meliputi pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi dan model ekosistemnya, penciptaan dan pembinaan mahasiswa wirausaha maupun pembangunan Sistem  Online Entrepreneur Potential Assessment.

Tema lain yang akan dikerjasamakan terkait dengan kajian rencana pengembangan TIK dalam rangka mendukung basis data tunggal UMKM. 

"Untuk selanjutnya dibuka peluang kerjasama dalam mendukung transformasi usaha informal ke formal, dukungan skema rantai pasok agar terhubung dalam global value chain serta sensus dan survey pendataan UMKM,"  tambah Arif. 

Siap Kerahkan SDM 
Sementara itu Rektor ITB Reini Wirahadikusumah  menyambut baik rencana kerjasama tersebut sebagai bagian dari kontribusi civitas akademika terhadap bangsa dan negara tentunya dengan mengoptimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh ITB itu sendiri. 

"Kerjasama ini diharapkan juga dapat menambah pengalaman dari sumber daya internal yang ada di ITB secara khusus dibidang Koperasi dan UMKM," kata Reini. 

Reini menjelaskan, unit unit  yang selama ini terlibat di ITB antara lain Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), School of Business and Management (SBM), UPT Pengembangan SDM dan Lembaga Pengembangan Inovasi & Kewirausahaan (LPIK). (*/red)