Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pilkades di Kab Serang Ditunda, Hingga Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Rabu, 04 Agustus 2021 | Agustus 04, 2021 WIB Last Updated 2021-08-04T06:51:39Z


SwaraBanten - 
Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 Kabupaten Serang kembali melakukan rapat koordinasi menindaklanjuti adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasana Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 dan 4 di Pulau Jawa dan Bali sejak 3 sampai 9 Agustus 2021. Hasil rapat tersebut memutuskan untuk kembali menunda pelaksanaan pencoblosan Pilkades serentak sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan rapat pada hari ini memutuskan pertama menunda pelaksanaan Pilkades serentak, yang semula direncanakan pada tanggal 8 Agustus hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Keputusan rapat hari ini pertama menunda pilkades sampai batas waktu tidak ditentukan, yang akan ditentukan sejalan kebijakan pusat terkait PPKM,” ujar Entus dalam rapat di ruang rapat Brigjen Syam’un Setda Kabupaten Serang pada Rabu, 4 Agustus 2021.

Entus yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang ini berharap dalam waktu hingga 9 Agustus tingkat kerawanan Kabupaten Serang bisa diturunkan. “Mudah-mudahan semua sudah kuning dan hijau, terus PPKM diturunkan lagi,” katanya.

Namun bagaimana pun, kata dia, kita tidak bisa memprediksi jika kemudian masih tinggi bisa saja masuk ke level 4. Oleh karena itu upaya untuk menurunkan tersebut harus dilakukan secara maksimal untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Seperti vaksinasi, sosialisasi prokes karena kita ingin turunkan kerawanan dari merah ke kuning. Sehingga ekonomi masyarakat lebih baik,” katanya.

Entus mengatakan apabila kebijakan pusat memungkinkan untuk dilakukan Pilkades, maka tanggal 10 Agustus panitia Pilkades akan kembali berkumpul untuk menentukan hari. “Kalau tidak memungkinkan tanggal 10 tidak ada (rapat) nanti menyusul surat,” ucapnya.

Kedua kata dia, walau diundur namun untuk tahapan sudah dihentikan. Karena proses kampanye sudah dilakukan secara virtual melampaui tiga hari. Oleh karena itu saat ini tinggal melaksanakan masa tenang dan pencoblosan.

“Sehingga mulai hari ini di rumah calon kades tidak boleh ada kerumunan. Karena disamping potensi virus juga memberatkan Calon kades. Nanti kita keluarkan surat pada panitia kecamatan dan calon tidak boleh kumpul di masa tenang,” tuturnya.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD, Bahrul Ulum, Asda I Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa (DPMD), Rudy Suhartanto, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Agus Sukmayadi, Kepala Diskominfosatik, Anas Dwi Stay Prasadya dan perwakila dari unusr TNI dan Polri.

Senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum. Dia mengimbau kepada masyarakat, untuk menghentikan perbedaan atau mengkotak-kotakan antar pendukung dalam proses Pilkades nanti. Sehingga, tidak terjadinya konflik antar pendukung.

“Hari ini Pilkades, besok sudah selesai mengkotak-kotaan antara pendukung. Jadi, kita harus memberikan pendidikan politik ke masyarakat yang baik,”ujarnya.

Diketahui Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia kembali mengeluarkan Instruksi Mentri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  Level 4, Level, 3 dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. (*/sp)