Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pelatihan Dasar CPNS, WH: Jangan Menyesal Jadi PNS, Karena Tidak Akan Kaya

Senin, 13 September 2021 | September 13, 2021 WIB Last Updated 2021-10-19T01:47:47Z


SwaraBanten
- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menegaskan, loyalitas seorang Pegawai Negeri Sipil dituntut sebagai abdi negara. Dalam kehidupannya harus sadar tentang tanggung jawabnya sebagai seorang PNS.

“Harus ada perubahan ketika menjadi seorang PNS. Ada perubahan kebiasaan, gaya, tuntutan, dan pekerjaan. Harus sadar tentang tanggung jawab hidup sebagai PNS,” ungkap WH, saat membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Provinsi Banten Tahun Anggaran 2021 di Gedung Serba Guna BPSDM Provinsi Banten Jalan AMD Lintas Timur, Kadu Merak, Kabupaten Pandeglang, Senin(13/9/2021).

WH juga mengajak para peserta untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT, atas nikmat sehat sebagai nikmat yang tidak dapat dihitung. Serta nikmat saat ini sebagai CPNS.

“Harus disadari, kita bersumpah sebagai PNS bersedia ditugaskan dimana saja,” ungkapnya.

Kepada para peserta, WH juga mewanti-wanti, jangan sampai kecewa atau menyesal menjadi PNS karena tidak akan kaya, tapi pas-pasan. Banyak orang berharap menjadi PNS karena ingin nyaman sampai pensiun.

“Jangan sampai merasa gaji kurang, lantas melakukan korupsi dan menyalahgunakan kewenangan,” imbaunya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur WH juga berbagi pengalaman saat merintis menjadi birokrat sebagai PNS sejak masih mahasiswa terpilih menjadi lurah yang diangkat menjadi PNS dengan pangkat IIB. Dengan ketekunan menjalani proses yang membutuhkan kesabaran, ketawakalan serta semangat juang melakukan yang terbaik dari Lurah menjadi Kepala Sub Bagian, Camat, Kepala Dinas, Sekretaris Saerah, Walikota Tangerang dua periode, hingga menjadi Gubernur Banten.

“Bahwa semua membutuhkan proses dan perjalanan. Diperlukan kesabaran dan ketawakalan serta semangat juang melakukan yang terbaik,” ungkapnya berbagi kiat merintis karir di birokrasi.

Ditegaskan, Pelatihan Dasar merupakan syarat untuk menjadi CPNS. Pelatihan dasar untuk membangun karakter, paham karakter, perilaku, dan mental seorang PNS.

Gubernur WH juga mengimbau para peserta untuk menjaga protokol kesehatan sehingga diklat berjalan lancar dan para peserta diberikan kesehatan hingga usai.

Dalam laporannya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Untung Saritomo mengungkapkan Pelatihan Dasar CPNS di Lingkungan Pemprov Banten ini diikuti oleh 120 orang peserta. Dengan rincian sebanyak 40 orang dari Pemprov Banten, 40 orang dari Kota Tangerang, dan 40 orang dari Kota Serang.

Usai membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Provinsi Banten Tahun Anggaran 2021, Gubernur WH meninjau pelayanan di Kantor Samsat Pandeglang Jl. Raya Labuan Km. 3, Sukaratu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang dan pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 di SMKN 1 Pandeglang Jl. Raya Labuan No.Km.5, Palurahan, Kabupaten Pandeglang.

Dalam kesempatan itu, Gubernur WH memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dan kelancaran pelayanan publik terhadap masyarakat.(*/UC)