Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lestarikan Pesisir Pantai, Saka Wanabakti GP Pramuka Kwaran Malingping Tanam Pohon Mangrove dan Cemara

Senin, 30 November 2020 | November 30, 2020 WIB Last Updated 2020-11-30T00:04:06Z
SwaraBanten - 
Saka wanabakti gerakan peramuka kwarir ranting (Kwaran) Kecamatan Malingping melakukan penanaman pohon mangrove dan Cemara, dikawasan pantai danau Talanca, Minggu (29/11/2020).

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian lingkungan terhadap habitat dan ekosistem laut yang dinilai sudah mengalami penurunan dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar pantai, pohon mangrove dan Cemara ini banyak bermanfaat terutama menjaga keutuhan ekositem dan habitat diwilayah pantai bahkan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

"Alhamdulillah bersama dengan para pengurus saka wanakabkti gerakan Pramuka kwaran Malingping dapat berkontribusi guna menjaga kelestarian alam sekitar pantai dengan melakukan penanaman pohon mangrove dan Cemara" kata ketua Saka Wanabakti gerakan Pramuka kwartir ranting Malingping, Restu Ramdani kepada wartawan.

Dikatakan Restu, kegiatan ini sebagai agenda kwaran terutama dalam Sakawanabakti yang berkaiatan dengan pelestarian Alam baik itu hutan, laut maupun lingkungan dalam upaya memberikan pemahama edukasi kepada anggota pramuka dan masyarakat umum bahwa pentingnya dalam melestarikan kawasan hutan, laut serta lingkungan lainnya.

"Tanaman Mangrove dan Cemara ini dapat tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. manfaatnya Pertama dapat Mencegah abrasi dan erosi pantai,  Mencegah intrusi air laut, kemudian Sebagai pencegah dan penyaring alami sumber hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa"ujaranya

Sementara itu pembina Sakawanabakti gerakan Pramuka kwaran Malingping, Ujang Moch Maftuh kepada SwaraBanten.Com mengatakan kegiatan yang diinisiasi oleh andalan Pramuka terutama pada saka wana bakti sangat berkaiatan dengan program dan tujuan dari kesakaan yaitu kaitanya dalam menjaga dan melestarikan alam sekitar oleh karenya penanaman mangrove  dan Cemara ini sangat tepat dilakukan di sekitar pantai danau Talanca.

"Kedepanya kegiatan ini dapat terus memotivasi dan kesadaran masyarakan untuk menjaga dan memanfaatkan mangrove secara bertanggungjwab serta dapat meningkatan pengetahuan dan penerapan kearifan lokal tentang konservasi seiring dengan kemajuan jaman," katanya (matin)
×
Berita Terbaru Update