Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Lebak Minta Camat dan Kades, Ajak Masyarakat Lestarikan Warisan Geologi

Rabu, 30 Desember 2020 | Desember 30, 2020 WIB Last Updated 2020-12-30T02:02:51Z
SwaraBanten -
Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab.Lebak melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka finalisasi rencana program dan kegiatan pengelolaan Geopark Bayah Dome.

Kegiatan dilakukan secara daring melalui platform zoom meeting dan dibuka langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Senin (29/12/2020).

Dalam sambutannya Bupati Lebak menyampaikan bahwa sebagian besar potensi warisan geologi berada diluar penguasaan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak sehingga meminta kesediaan pihak-pihak tersebut untuk berkenan bersama-sama dengan Pemkab lebak menjaga dan melestarikan warisan geologi dan keanekaragaman hayati sebagai upaya konservasi terhadap warisan bumi.

Bupati juga mengajak para Camat dan Kepala Desa yang termasuk dalam kawasan Geopark Bayah Dome untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat turut menjaga dan melestarikan warisan geologi yang ada diwilayahnya, serta bertindak secara masif untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya, sehingga membentuk suatu sikap rasa memiliki yang bertanggung jawab.

"Saya yakin pasca pandemi ini dan seterusnya, wisata alam geopark akan menjadi pemicu awal economic recovery yang menyerap tenaga kerja dan menjadi multiplier effec sektor lain," ucap Bupati.

Selain itu Prof. Mega Fatimah Rosana Kepala Pusat Penelitian Geopark dan Kebencanaan Geologi Universitas Padjajaran dalam eksposenya menyampaikan tujuan dari penetapan Geopark Bayah Dome ini adalah terwujudnya Geopark Bayah Dome sebagai destinasi wisata yang inklusif dan mendunia.

Mega melanjutkan, misi dari Geopark Bayah Dome adalah melestarikan keragaman geologi, budaya, dan hayati melalui upaya konservasi untuk menjaga keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan, membangun perekonomian masyarakat yang berkelanjutan berbasis pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, serta menciptakan tata kelola kelembagaan yang profesional berorientasi pada pelayanan dan pengembangan potensi.

"Selain itu, salah satu misi Geopark Bayah Dome juga mengembangkan pendidikan, penelitian, dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dalam memuliakan warisan bumi," ungkap Mega.

Mega juga menjelaskan Geopark Bayah Dome ini meliputi 12 kecamatan di Kabupaten Lebak, yaitu Kecamatan Sajira, Leuwidamar, Muncang, Cipanas, Sobang, Lebakgedong, Cibeber, Cilongrang, Bayah, Panggarangan, Cihara, dan Malingping.(dil/beN)