Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Atasi Masalah Sampah, Pemkot Serang dan Tangsel Teken Kerjasama

Jumat, 22 Januari 2021 | Januari 22, 2021 WIB Last Updated 2021-01-22T13:27:09Z
SwaraBanten -
Pemerintah Kota Serang menggelar acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama MoU Antara Pemerintah Kota Serang & Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang bertempat di Le Dian Hotel,  Jumat (22/01/2021) siang.

Hadiri pada acara tersebut dari Pemkot Serang yakni Wali Kota Serang Syafrudin, Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin, Sekda Kota Serang Nanang Saefudin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ipiyanto serta pejabat Pemkot Serang. Sedangkan hadir dari pejabat Pemkot Tangsel yakni Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany beserta pejabatnya.

Kesepakatan bersama ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka peningkatan pelayanan publik, dengan tujuan menyelaraskan dan mensinergikan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan antar Pemerintah Kota Serang & Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Adapun objek kesepakatan bersama ini meliputi urusan Pemerintahan yaitu, Bidang Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Ketenteraman dan Ketertiban Umum, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Pangan dan Pertanian, Lingkungan Hidup, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Perhubungan, Persandian, Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dan lain-lain.

Walikota Serang H. Syafrudin sebagai tuan rumah berharap, diadakannya MoU ini mudah-mudahan dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antar daerah dengan mekanisme dan tahapan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia juga menyampaikan bahwa langkah awal nota kesepakatan ini, akan bekerja sama saling membantu di bidang lingkungan hidup khususnya pada bidang kebersihan, bahwa Kota Serang dapat membantu penampungan sampah dari Kota Tangerang Selatan, sementara Kota Tangerang Selatan membantu dalam sektor pendanaan karena dari sisi sarana dan prasarana TPAS Cilowong di Kota Serang masih banyak keterbatasan. 

Senada, Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin menyampaikan bahwa, pendandatanganan MoU ini dalam rangka kerjasama berbagai bidang antar Pemkot Serang dengan Pemkot Tangsel.

"Mudah-mudahan MoU ini bisa berjalan lancar dan saling sama-sama menguntungkan serta manfaat tidak hanya untuk Kota Serang dan juga buat Kota Tangsel," ujar Subadri kepada awak media.

Untuk tindaklanjutnya, pihaknya menyerahkan kepada dinas dengan dinas. Serta, dirinya merasa optimis MoU ini akan setujui oleh DPRD Kota Serang.

"Optimis disetujui DPRD, karena ini tujuannya juga dalam rangka manfaat untuk semuanya," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Serang Nanang Saefudin mengatakan bahwa, MoU ini bukan hanya untuk sampah. Akan tetapi, ada bidang pendidikan serta lainnya seperti komunikasi.

"Kan Tangsel ini sangat bagus smart city nya mungkin kita bisa mengadopsi aplikasi-aplikasi apa yang ada di Tangsel tentang pemukiman. Metode dan cara bagaimana pemukiman yang bagus," katanya. (uc)
×
Berita Terbaru Update