WH Sebut Singkong Bisa Jadi Makanan Pengganti

Posted by On Juni 03, 2021


SwaraBanten
- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menilai bahwa singkong bisa juga dijadikan makanan pengganti nasi, meskipun beras menjadi makanan pokok utama bagi warga Banten.

Hal ini disampaikan Wahidin Halim saat melakukan Panen Singkong di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Dinas Pertanian Provinsi Banten, di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Kampung Kembang, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (2/6/2021).

Turut hadir Sekda Provinsi Banten Al Muktabar, dan para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Banten. Dalam kesempatan itu, turut ditampilkan aneka olahan pangan berbahan dasar singkong. Di antaranya getuk, ketimus, comro, misro, dan singkong rebus Thailand.

WH mengatakan, meski singkong bisa menjadi makanan pengganti, dirinya tidak mengharapkan warganya beralih dari makanan utama yakni beras.

"Nasi atau beras tetap menjadi makanan utama masyarakat. Selama ini, singkong bisa menjadi makanan pengganti nasi (beras). Bisa diolah menjadi bermacam-macam aneka makanan," ungkapnya.

Lebih lanjut kata WH, melihat potensi tersebut, ia meminta komoditas singkong bisa dikembangkan seperti komoditas agrobisnis lainnya.

Diketahui, di Kawasan Sitandu, Dinas Pertanian Provinsi Banten saat ini tengah mengembangkan singkong mentega, singkong koneng, singkong thailand, dan singkong roti. Di lahan itu, satu batang pohon singkong yang ditanam, mampu menghasilkan 4-6 kilogram.

Sekedar informasi, belakangan ini memang Gubernur Banten tengah melirik potensi dibidang Agrobisni. Hal ini terlihat di beberapa kesempatan sebelumnya, WH membicarakan soal potensi tanaman kopi, jengkol, porang dan lainnya. (fi/beN)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »