Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gerai Vaksin Presisi, Ratusan Santri dan Warga Disuntik Vaksin

Sabtu, 31 Juli 2021 | Juli 31, 2021 WIB Last Updated 2021-07-31T08:22:00Z


SwaraBanten
- Ratusan santri dan masyarakat di sekitar Pondok Pesantren (Ponpes) At-Tohiriyah Pelamunan Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang divaksin. Dengan mengenakan sarung dan peci, santri bergantian mendaftarkan diri untuk divaksin.

Kesehatan mereka juga diperiksa oleh tim kesehatan Polres Serang Kota Polda Banten yang dipimpin oleh dr. Silas. Suhu tubuh, tekanan darah dan riwayat penyakit diperiksa secara seksama.

"Alhamdulillah, santri disini antusias, ada sekitar 130 santri yang di vaksin. Dewan pengasuh, pimpinan ponpes, dewan guru di vaksin. Kami menyadari bahwa vaksin itu ikhtiar bersama kami, demi keselamatan tidak hanya pribadi, tapi sesama sekitar," kata Ketua Satgas Covid-19 Ponpes At-Tohiriyah, Muhammad Roby Ulfi Zeni Tohir, Sabtu (31/07/2021).

Menurut Ustadz Roby, sosialisasi prokes dan ajak vaksin dilakukan secara rutin melalui berbagai cara, seperti pembuatan video hingga melalui majlis taklim dan pengajian yang rutin dilaksanakan.

Dia berharap, seluruh santri dan masyarakat tidak lagi ragu dan takut untuk di vaksin, agar tercipta herd immunity atau kekebalan komunitas, untuk melawan covid-19.

"Kita imbau melalui video, melalui ajakan, melalui khutbah dan sebagainya. Kita disini ada pemuda bershalawat, ada jamaah ibu-ibu, kita sosialisasikan," terangnya.

Gerai vaksin presisi yang diinisiasi oleh Kapolri menyasar ponpes, hasil kerjasama dengan pimpinan Nahdlatul Ulama (NU). Harapannya, santri bisa sehat dan bisa terhindar dari paparan covid-19.

Ponpes juga diminta ikut serta menjaga protokol kesehatan, memerangi hoax hingga mengajak masyarakat untuk taat prokes dan mengajak warga ikut vaksinasi corona yang di galakkan oleh pemerintah.

"Vaksin hari ini kerjasama antara polri dengan pimpinan pusat NU. Sekarang kita untuk pesantren di At-Tohiriyah Pelamunan, itu ada 300 sasaran penerima vaksin. Kita utamakan santri dulu, baru ke warga Pelamunan," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK, M.Si, Sabtu (31/07/2021).

Pantauan media, santri dan masyarakat tampak antusias mengikuti vaksin, terlihat masih adanya warga yang tidak kebagian nomor antrian. Mereka pun disarankan mengikuti vaksinasi pada 09 Agustus 2021, yang disediakan bagi 100 warga Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten.

Vaksinasi di Ponpes At-Tohiriyah sendiri dibantu oleh Polsek Kramawatu untuk pendaftaran dan pengamanan. Kemudian tenaga kesehatan dari Puskesmas Kramatwatu yang menyuntik vaksin. Sedangkan Urkes Polres Serang Kota bertugas memeriksa kesehatan santri dan masyarakat yang akan di vaksin.

"Kita apresiasi antusias ponpes dan warga yang sangat tinggi, terima kasih. Saking banyaknya yang untuk meminta, kita sarankan datang ke gerai vaksin pada 09 Agustus 2021 nanti," ujar Kapolres. (TP-hms/UC)

×
Berita Terbaru Update