Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dinsos Gelar Donor Darah, Sambut HUT ke-495 Kabupaten Serang

Selasa, 05 Oktober 2021 | Oktober 05, 2021 WIB Last Updated 2021-10-05T06:29:35Z

SwaraBanten -
Menyongsong HUT ke-495 Kabupaten Serang,
 Dinas Sosial (Dinsos) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah, ditujukan bagi para tenaga kerja sosial dilaksanakan di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa ( 5/10/2021)

Sekretaris Dinsos Kabupaten Serang, Sri Rahayu Basuki Wati mengatakan, donor darah dilaksanakan dengan memberdayakan para pekerja sosial yang berpotensi mau menyumbangkan darahnya.

“Donor darah selama ini belum pernah dilakukan, maka kami lakukan hari ini,”ujarnya kepada wartawan di lokasi donor darah.

Selain dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Serang, sebut Yayuk sapaan Sri Rahayu Basuki Wati pelaksanaan donor darah ini juga bertujuan untuk membantu memenuhi stok darah di PMI Kabupaten Serang. Mengingat, stok darah pada masa pandemi covid-19 menipis.

“Saya juga Anggota PMI bahwa kita tahu stok darah sangat menipis, maka dengan ada momen hari jadi Kabupaten Serang saya mengajak teman-teman tenaga kerja sosial untuk mendonorkan, menyumbangkan darah untuk yang membutuhkan,” terangnya.

Adapun untuk jumlah tenaga kerja sosial sebanyak 3000 lebih, Yayuk juga menyebutkan, namun yang baru mendaftarkan diri baru 67 orang.

"Saat ini baru 67 orang, kemungkinan bertambah. Jumlah itu baik dari Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan lainnya,”jelas Yayuk.

Ditempat yang sama Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Serang, Retno Budiati mengatakan, dari 67 orang yang siap mendonorkan darah hari ini dia berharap bisa bertambah.

"Bukan hanya saat ini saja, melainkan kedepannya mau mendonorkan darahnya lagi,”ujarnya. 

Pelaksanaan donor darah, kata Retno sebagai penyelenggaranya Dinsos Kabupaten Serang yang pada dasarnya PMI tengah membutuhkan darah karena stok menipis.

"Masyarakat banyak membutuhkan darah tapi kami belum mampu memenuhinya,”katanya.

Retno berharap, pelaksanaan donor darah hari ini bias menutupi untuk kebutuhan hari ini. Mengingat, untuk setiap hari PMI membutuhkan 50 sampai 70 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Serang dan sekitarnya. “Mudah-mudahan hari ini bisa menutupi kebutuhan darah hari ini juga,”ucapnya.

Kedepannya, tambah Retno, dengan kebutuhan sebanyak 50 sampai 70 kantong darah bagi masyarakat juga banyak yang mau mendonorkan darahnya seperti dulu lagi.

"Kalau saat ini kan terhambat karena pandemi, sekarang mulai landai mudah-mudahan pendonor darah banyak lagi,”ujarnya.(*/ms)
×
Berita Terbaru Update