Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cegah Kerusakan Hutan LPBINU Banten Tanam 1000 Pohon di Gunung Liman

Minggu, 12 Desember 2021 | Desember 12, 2021 WIB Last Updated 2021-12-12T03:41:34Z


SwaraBanten -
Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Banten melakukan penanaman pohon di sekitar hutan Gunung Liman, Cirinten, Sabtu (11/12/2021).


Kegiatan ini merupakan komitmen LPBI NU Banten  dalam mewujudkan Banten tangguh bencana bebas dari bencana khususnya longsor dan krisis air. Karena, wilayah Banten selatan merupakan paru-parunya Provinsi Banten. 


Direktur LPBI NU Banten, Devi Akbar dalam laporannya mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya diselenggarakan di Pantai Carita Kabupaten Pandeglang dan merupakan Ekspedisi Peduli Lingkungan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021.


"Kami melaksanakan kegiatan menanam pohon ini guna mencegah terjadinya longsor dan krisis air di wilayah Banten selatan yang notabene sebagai paru-parunya Provinsi Banten dan kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan LPBI NU Banten. Karena, sebelumnya melakukan Sisir Sampah Susur Pantai di pantai Carita Pandeglang. Karena kegiatan Ekspedisi Lingkungan ini adalah rangkai Acara dalam memperingati Hari Santri Nasional," tutur Devi Akbar. 


Sementara Ketua Umum LPBI NU Banten, Sehabudin menegaskan bahwa NU sebagai Organisasi Kemasyarakatan akan senantiasa hadir dan akan selalu bersama-sama  masyarakat dalam semua aspek kehidupan seperti dalam penanggulangan bencana dan perubahan Iklim.


"LPBI NU Banten akan senantiasa berikhtiar dalam penanggulangan bencana. Karena, bagi kami ini adalah perintah Allah SWT sebagai Tuhan Semesta Alam kepada Makhluk-Nya, manusia sebagai Hamba dan  sebagai Khalifatu Fil Ardhi untuk menjaga Alam ini," ucapnya.


Selain itu, Sehabudin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) Provinsi Banten dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten yang telah mendukung kegiatan tersebut.


"Kami juga ucapan terima kasih kepada Kepala DLHK Provinsi Banten yang telah membantu kami dalam pengadaan pohon, dan kami juga ucapkan terima kasih kepada Kepala BPBD Provinsi Banten yang telah membantu kami dalam  pengadaan masker untuk dibagikan di pantai carita," tutup Sehabudin.

(Ach Riefai)