Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pengukuhuan dan Rapat Kerja MUI Cirinten Pertegas Peran Ulama Demi Kemaslahatan Umat

Selasa, 14 Desember 2021 | Desember 14, 2021 WIB Last Updated 2021-12-14T03:42:38Z


SwaraBanten
- Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak masa khidmat 2021 - 2026 telah dilakukan pengukuhan oleh Sekretaris Umum besama jajaran pengurus  MUI Lebak serta sekaligus rapat kerja, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cirinten, Senin (13/12/2021).


Kegiatan tersebut mengangkat tema "Mempertegas peran ulama demi kemaslahatan umat." 


Ketua pelaksana kegiatan Devi Akbar mengatakan, dengan penuh harapan keberadaan Lembaga MUI di Kecamatan Cirinten bisa menjadi lokus untuk mempererat silaturrahim dan mempersatukan perbedaan.


"Kami mengangkat tema ini guna memberikan gambaran bahwa sesungguhnya peran ulama saat ini adalah sudah sangat tegas dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat pada wilayah keagamaan. Hanya saja pada konteks organisasi belum terorganisir dengan maksimal. Maka dengan keberadaan lembaga MUI bisa menjadi lokus untuk mempererat silaturrahim dan menpersatukan perbedaan," ucap Devi Akbar. 


Ketua Umum MUI Kecamatan Cirinten, yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum KH Mumu Turmudi dalam sambutannya menerangkan peran ulama dan umaro sangat penting dalam membangun kemaslahatan umat.


"Saya beranggapan penting kiranya kerjasama Ulama - Umaro yang dibangun diatas landasan kemaslahatan umat. Harapannya menjadikan Cirinten yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur, menjadikan Kecamatan Cirinten sebagai percontohan," ujar KH Mumu Turmudi. 


Sementara, Wakil Ketua Umum MUI Lebak, KH Ahmad Hudori MPd dalam sambutannya menjelaskan perlunya sikap tasamuh dalam menyikapi khilafah. Bahkan beliau mengajurkan untuk menggunakan sikap tawazun dalam memberikan pandangan politik.


"Kita harus tetap menjaga integritas beragama, berbangsa dan bernegara, maka diperlukan sikap tasamuh dalam menyikapi persoalan khilafiyah, bahkan beliau menganjurkan dalam pandangan politikpun kalau perlu bersikap tawazun untuk menjaga keseimbangan kondusivitas bermasyarakat" tutur KH Ahmad Hudori.


Di tempat yang sama, pemerintahan Kecamatan Cirinten yang diwakili oleh Sekmat Cirinten, Heri Suhanda MPd mengapresiasi atas kegiatan pengukuhan dan Raker MUI Cirinten masa khidmat 2021-2026.  


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, bahwa benar peran ulama sangat dibutuhkan untuk sama-sama mengayomi masyarakat. Tanpa dukungan para ulama akan kerepotan mengingat keterbatasan personil Muspika Cirinten," ungkap Heri suhanda, dalam sambutannya 


Diketahui, dalam rangkaian kegiatan tersebut diberikan juga  materi ke-MUI-an yang di sampaikan langsung oleh Sekretaris Umum MUI Kabupaten Lebak, KH Asep Saepullah MPd. 


Menurutnya, ini merupakan sikap penegasan dalam mewujudkan sinergitas antara ulama dan umaro untuk mengawal agama bangsa dan negara serta mempersatukan perbedaan, guna terciptanya harmonisasi dalam beragama, berbangsa dan bernegara. 


"Kami Pengurus MUI Kabupaten Lebak meyakini bahwa

Pengurus MUI Cirinten meyakini bahwa perbedaan (khilafiyah) adalah sunatullah. Maka dari itu keberadaan MUI Cirinten berusaha menpersatukan perbedaan bukan menyamakan perbedaan, demi terwujudnya harmonisasi dalam beragama, berbangsa dan bernegara," papar KH Asep.

(A Riefai)