Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Respon Cepat dan Tanggap Darurat, Lurah Tegalsari Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Selasa, 30 Agustus 2022 | Agustus 30, 2022 WIB Last Updated 2022-08-30T04:51:12Z



SWARABANTEN - Pimpinan Pemerintah Kelurahan Tegalsari Kecamatan Walantaka meninjau sekaligus menyerahkan langsung bantuan uang tunai, kepada warganya yang menjadi korban kebakaran


Diketahui, musibah kebakaran yang menimpa warga terjadi di Lingkungan Turus Wetan RT 012 RW 01, Kelurahan Tegalsari Kecamatan Walantaka Kota Serang Banten. 


Hal tersebut dilakukan sebagai langkah respon cepat dan tanggap darurat, sesaat musibah kebakaran itu terjadi pada Jumat pagi tanggal 19-08-2022, sekira pukul 10:20 WIB.


"Ini bentuk tanggap darurat kami sebagai pimpinan kelurahan disini, selain meninjau langsung, kami pun secara pribadi memberikan bantuan uang tunai, untuk sedikitnya ikut meringankan beban warga kami yang menjadi korban musibah kebakaran," ucap Saidah Lurah Tegalsari ini, dihubungi swarabanten.com, via chatt media sosial Whatsapp, Senin (29/08/2022).


"Untuk nominalnya gak harus disebutkanlah yach," sambungnya.


Kronologis kejadian musibah kebakaran ini, Saidah mengatakan berdasarkan informasi  dari pemilik rumah, berawal dari korsleting sambungan kabel listrik atau arus pendek aliran listrik yang memercikkan api di sekitaran plafon rumah dan merambat dengan cepat kebagian bangunan rumah lainnya.



"Ini menurut informasi yang didapat dari pemilik rumah bernama Ibu Aas Hasanah status janda anak satu cucu satu, bahwa kejadian tersebut bermula adanya arus pendek/ korsleting listrik kabel yang berada di atas rumah atau plafon rumah, terus merembet dengan cepat ke bagian sisi bangunan rumah lainnya yakni di kamar dan dapur rumah, seperti kasur, karpet dan perabotan rumah tangga," kata Saidah.


Melihat kejadian kebakaran yang menimpa rumah Aas Hasanah, Saidah menjelaskan, para tetangga dan warga sekitar dengan sigap, bahu membahu ikut memadamkan dengan peralatan seadanya, seketika itu dari pihak RT setempat langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian Sektor Walantaka dan juga menghubungi Dinas Pemadam kebakaran Kota Serang.


"Para tetangga dan warga sekitar melihat kejadian kebakaran ini langsung bergerak memadamkan kobaran api dari rumah Bu Aas Hasanah ini, dengan menggunakan peralatan seadanya dan air dari rumah sekitaran tetangga Bu Aas Hasanah ini, sekaligus dari RT setempat ngontek Mapolsek Walantaka dan Damkar dari kota serang, dan damkar menerjunkan dua unit kendaraan damkarnya," jelasnya.


"Dan alhamdulillah kurang dari setengah jam, kobaran api sudah dapat dijinakkan dan dipadamkan," imbuhnya. 


Atas peristiwa tersebut, Saidah ikut prihatin  atas kejadian kebakaran dan juga mengingatkan kepada warga lainnya untuk selalu mengecek kondisi saluran dan sambungan instalasi aliran listrik agar musibah serupa tak terjadi dikemudian hari.


"Kami dari pihak Kelurahan ikut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa salah satu warga kami ini, karena musibah ini siapa sih yang mau, dan untuk keluarga Bu Aas Hasanah diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini," ujarnya. 


"Dan kami pun mengimbau untuk selalu mengupayakan rutin pengecekan terhadap kabel dan instalasi listrik rumah warga yang berada di kelurahan tegalsari sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi" sambungnya.(UC)