Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Upacara HUT Pramuka ke 61 di Malingping Berlangsung Khidmat

Minggu, 14 Agustus 2022 | Agustus 14, 2022 WIB Last Updated 2022-08-14T04:29:41Z


SWARABANTEN
- Upacara hari jadi gerakan Pramuka ke-61 di kecamatan Malingping berjalan tertib dan khidmat. Upacara yang dimulai pukul 09.00 wib ini melibatkan seluruh komponen Pramuka tingkat satuan sekolah dari siaga, penggalang dan penegak. Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Mabiran dari TNI dan Polri, unsur Mabigus masing2masing sekolah, para pembina dan pengurus Kwaran gerakan Pramuka Malingping, bertempat di Alun-alun Malingping, Minggu (14/8/2022).


Dalam sambutanya camat Malingping sekaligus sebagai Kak Mabiran, Lingga segara, membacakan langsung pidato ketua kwartir Nasional (kwarnas) pada peringatan hari jadi gerakan Pramuka ke-61. Dalam sambutan yang dibacakannya, ketua kwarnas Irjen pol. (Purn) Budi Waseso, lebih menekankan kepada seluruh majelis pembimbing gerakan Pramuka disetiap daerah senantiasa tidak lelah untuk memberikan pembinaan kepada insan pramuka ditengah pandemi yang masih belum reda.


Oleh karenya peran aktif sebagai insan pramuka untuk tetap mengajak merepakan disiplin nasional yaitu menerapkan protokol kesehatan. Kemudian ka kwarnas juga mengajak kepada insan pramuka sesuai dengan baktinya dapat menolong sesama tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan. Satu tekad yaitu sama- sama membangun negara kesatuan republik Indonesia.


"Tema dihari gerakan Pramuka ke-61 ini adalah 'mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa' . Semua yang kita lakukan sejalan dengan kode kehormatan kita Dwi Satya dan Dwi darma untuk Pramuka siaga, serta tri Satya dan dasa darma untuk golongan Pramuka lainnya.disemua kode kehormatan Pramuka ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang diwujudukan saling tolong menolong dengan semangat kekeluargaan." Terangnya.


Camat Malingping juga mengajak kepada semua lapisan khususnya di kecamatan Malingping agar gerakan Pramuka dapat terus berbenah diri untuk terus memberikan karya nyata sumbangsihnya dalam pembangunan disetiap lingkungan kehidupan senatiasa dapat mengabdikan diri tanpa batas sesuai dengan janji tri Satya dan dasa darma.


"Dalam kesempatan ini pula saya ingin menyampaikan bukti kemajuan Pramuka di kecamatan Malingping telah dikirimkanya perwakilan putra terbaik dari sekolah Dasar el-ishlah untuk mengikuti jambore nasional di Cibubur Jakarta yang saat ini sedang berlangsung. Kedepannya perwakilan tersebut dapat terus bertambah sebagai wujud kepedulian untuk meningkatkan kualitas kepramukaanya," katanya. (Matin)