Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Semarak Festival Sholawat, Dapat Menguatkan Kearifan Lokal Kota Serang Kata Walikota Syafrudin

Rabu, 05 Oktober 2022 | Oktober 05, 2022 WIB Last Updated 2022-10-05T10:18:35Z


SWARABANTEN - 
Dalam rangka memperingati hari santri tahun 2022 sekaligus menyemarakkan Maulid Nabi Muhammad S.A.W, Kementerian Agama Kota Serang menggelar kegiatan Festival Sholawat, yang bertempat di Gedung Baitussholihin, Rabu (05/10).


Kegiatan Festival Sholawat tersebut diikuti sekitar 40 Pondok Pesantren maupun Madrasah se Kota Serang.


Dalam kesempatannya Walikota Serang Syafrudin turut memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama Kota Serang yang telah menyelenggarakan kegiatan Festival Sholawat yang sudah lama tidak pernah digelar kembali.


"Festival Sholawat ini hampir tidak ada dari sekian tahun sudah tidak diadakan, hingga pada tahun 2022 ini yang digagas oleh Kemenag Kota Serang" ungkap Syafrudin.


Syafrudin menambahkan dengan adanya Festival Sholawat ini dapat memicu kekompakan warga dalam memperingati hari Santri dan juga Maulid Nabi Muhammad S.A.W.


"ini untuk memicu kekompakan warga dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW dan hari santri. Karena pesertanya juga dari pondok pesantren dan madrasah. Jadi ini saya ucapkan terimakasih kepada kemenag" tambahnya.


Selain hal tersebut Kepala Kementerian Agama Kota Serang Abdul Rojak menjelaskan alasannya menggelar Festival Sholawat ketika Hari Santri,


Ia menjelaskan bahwa seorang Santri sangat identik dengan lantunan Sholawat, maka dari itu Kemenag Kota Seramg menggelar Festival Sholawat pada hari Santri yang kemudian menjadi awal pembuka dalam bulan Maulid Nabi.


"Santri kan identik dengan keagamaan maka dari itu kita adakan festival sholawat, nanti event nya mungkin kita tambah dengan festival qasidah, festival yalil, ini sebagai pintu pembuka untuk festival dibulan Maulid ini." Ucap Abdul Rojak.


Dalam penyelenggaraannya, para santri bebas melakukan hal yang berkaitan dengan sholawat, tak hanya berbentuk Qasidah namun ada juga berupa Marawis, Hadrah serta alat musik Islami lainnya. (UC/Sumber: Prokopimsetda)