Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat dan Menjaga Kelestarian Alam Melalui Penyaluran Bibit Aren

Senin, 25 Maret 2024 | Maret 25, 2024 WIB Last Updated 2024-03-27T03:39:57Z


SWARABANTEN -
Pemerintah Desa (Pemdes) Lebakpeundeuy melalui Mantri Tani Desa (MTD) menyalurkan ratusan bibit aren jenis parasit kepada masyarakat, di Kampung Lebak Pari III Desa Lebakpeundeuy Kecamatan Cihara, Lebak, Banten, Minggu (24/3/2024). 


Mantri Tani Desa (MTD) Lebakpeundeuy Dede Ilyana mengatakan, penyaluran bibit aren ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga kelestarian alam. 


"Penyaluran bibit ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan ikut serta dalam menjaga kelestarian alam," kata Dede kepada awak media. 


Lebih lanjut Dede menjelaskan, dirinya sangat menyadari bahwa selama ini komoditas aren sudah menjadi mata pencaharian bagi masyarakat Desa Lebakpeundeuy. Kendati begitu, komoditas aren sangat memiliki prospek yang menjanjikan dalam mendorong peningkatan ekonomi ke depannya. 


"Pohon aren ini kan bisa di sadap. Lalu menghasilkan air nira, lalu dijadikan gula cetak oleh masyarakat. Sekarang ini sudah terbukti dan terlihat mampu menghidupi dan memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi pendapatan ekonomi," jelasnya. 


Terpisah, Mursyid Arifin salah satu anak dari penyadap aren di Desa Lebakpeundeuy membenarkan, bahwa selama ini komoditas tanaman aren mampu mendorong roda perekonomian masyarakat. 


Hal ini dia rasakan langsung dari perjuangan seorang ayahnya, lantaran untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan membiayai pendidikan anak-anaknnya itu salah satunya dari hasil pengelolaan gula aren. 


"Saya sangat bersyukur dilahirkan dan dibesarkan dari seorang anak penyadap aren. Meski penghasilannya tak menentu kala itu, tapi alhamdulillah saya bisa mengenyam pendidikan hingga Perguruan Tinggi. Semoga ini menjadi motivasi kehidupan bagi saya sendiri," imbuhnya. (ma)