Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Guna Menunjang Akses Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi, Masyarakat 4 Desa Rembuk Bareng Bahas Peningkatan Sarana Jalan

Kamis, 09 Mei 2024 | Mei 09, 2024 WIB Last Updated 2024-05-09T06:17:36Z


SWARABANTEN
- Masyarakat 4 desa di Kecamatan Malingping dan Cijaku Kabupaten Lebak urun rembuk, bahwa peningkatan jalan poros desa.


Warga 4 desa tersebut, dari desa Desa Cipalabuh, Mekarjaya, Kapunduhan dan Cipeundeuy Kecamatan Malingping.


Menurut Camat Cijaku Cece Saputra, peningkatan jalan poros desa ini merupakan bentuk keseriusan masyarakat yang mendambakan sarana jalan yang baik.


"Kami berkumpul bersama dengan kepala desa, BPD 4 desa, Camat Malingping dan para warga masyarakat, Kepala SMAN 2 Cijaku, membahas perkembangan jalan antar penghubung 4 desa," kata Cece, Rabu 8 Mei 2024.


Lanjutnya, jalan penghubung di 4 desa tersebut merupakan akses vital moda transportasi warga, yang hingga saat ini kondisinya sudah rusak parah.


"Mulai dari Desa Cipalabuh hingga Mekarjaya, Desa Kapunduhan dan bertemu di jalan provinsi di Desa Cipeundeuy Kecamatan Malingping," imbuh Cece.


Menurut Cece , asitensi usulan ini muncul pada saat kunjungan Pj Gubernur Banten, saat peresmian gedung sekolah baru di SMKN 2 Malingping, salah satunya SMAN 2 Cijaku jalan menuju sekolah rusak parah.


Tidak hanya itu, jalan ini juga merupakan akses perekonomian warga yang menghubungkan 4 desa, untuk disusulkan kepada Pj Gubernur melalui PUPR Provinsi Banten.


"Dari hasil asistensi tersebut, kami bersama masyarakat dan 4 desa membuat usulan pengajuan kepada Pj bupati Lebak," ujar Cece.


Ditambahkan, usulan tersebut kemudian muncul SK rekomendasi peningkatan jalan nomor:B.500.5.7.15/5-Bup/Wak/II/2024, serta Surat Keputusan Bupati Lebak nomor:620/Kep.16-PUPR/2023 tentang penetapan status jalan poros desa kabupaten Lebak.


"Ruas jalan Cipalabuh-Mekarjaya sepanjang 4,12 km, dan ruas jalan jalan Mekarjaya-Cipeundeuy Malingping sepanjang 7,58 km, yang diusukan ke Pempro Banten melalui PUPR," imbuhnhya.


Sebagai tindak lanjut, kata Cece,  dari hasil koordinasi dan komunikasi yang telah dilakukan bersama pemerintah dan OPD terkait, diperlukan adanya kekompakan bersama.


"Untuk membangun jalan tersebut, mesti adanya lahan yang memadai dan tidak ada masalah pada saat pembangunan," tuturnya.


Sebab itu pula, pihaknya bersama semua stekholder lainnya, memberikan pemahaman bagi pemilik lahan yang berada di sepanjang jalan, mulai dari Desa Cipalabuh Kecamatan Cijaku hingga ke Desa Cipeundeuy Kecamatan Malingping.


"Kami juga memastikan kepada masyarakat, guna memberikan dukungan kelancaran pembangunan berupa tanah yang akan digunakan pelebaran baik itu hibah atau sejenisnya," pungkasnya. (Matin)