Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemuda Tangsel Ajak Warga Tingkatkan Budaya Literasi

Rabu, 24 Juli 2019 | Juli 24, 2019 WIB Last Updated 2019-07-23T21:10:22Z
SWARABanten.com - Hoax memang masih menjadi musuh kita bersama, meki begitu pemuda di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar kegiatan dialog publik. Dialog publik kali ini mengangkat tema "Menjaga NKRI dari Berita dan Informasi Hoax".

Tujuan kegiatan tersebut, agar masyarakat semakin dapat tercerahkan bagaimana bahaya hoax terhadap persatuan dan kesatuan anak bangsa. 

Kegiatan itu pula diinisiasi oleh Jaringan Pemuda Research Indonesia (Japri) Banten. Bertepat di Key Garden, Ciputat, Kot Tangerang Selatan, Selasa (23/7/2019). 

Tokoh muda Kota Tangerang Selatan, Ruchul Ma’ani menerangkan, penyebab masyarakat terpapar hoax. Menurut dosen di salah satu kampus swasta di Banten itu indikator utama mengapa masyarakat menjadi korban hoax? Karena budaya literasinya yang rendah.

Bahaya hoax, tutur dia, bisa meruntuhkan martabat seseorang jika arus informasinya tidak dihentikan. Belakangan ini hoax telah menyerang semua tingkatan masyarakat, baik masyarakat kalangan terdidik maupun tidak terdidik. Bahkan ada sekelas doktor di perguruan tinggi percaya terkait dengan hoax yang disebarkan oknum tak bertanggung jawab.

“Menurut penelitian mengapa dia terserang hoax? karena dia terlalu lama terpapar internet sehingga mekanisme pertahanan mereka rapuh,” terang Ruchul.

Berdasarkan pengamatan Ruchul, kini masyarakat Indonesia menginingkan segalanya dengan praktis. Makanya budaya lama yang sesugguhnya positif seperti baca buku mulai ditinggalkan. Hal itu pula yang menjadikan penduduk Indonesia terutama kalangan remaja dan anak muda malas membaca buku.

“Padahal kalau baca buku apalagi baca buku yang diawali dengan ‘pertanyaan’ maka akan terbiasa kritis, kalau sudah kritis tidak akan terjaring hoax, dijamin,” kata dia.

Sementara itu, pegiat Literasi Media Sosial, Rahman Deniansyah mengungkapkan, hoax sangat berbahaya untuk persatuan anak bangsa. Kalangan muda harus mau melawan informasi bohong dengan berbagai upaya, misalnya menelusuri ke berbagai media resmi yang sudah kredibel.

Miris, lanjut dia, generasi milenial kerap meninggalkan media informasi kredibel seperti televisi dan radio. Padahal, sebelum internet maju seperti sekarang ini, dua jenis media tersebut tidak pernah ikut serta menyebarkan informasi bohong apalagi memmbangun opini buruk di masyarakat.

Meski begitu, dirinya tidak menyalahkan inidividu tertentu sebab perkembangan zaman memang begitu adanya. Terpenting generasi muda harus mau mengurangi penyebaran hoax dengan terus mendidik masyarakat secara langsung seperti keluarganya masing-masing.  

“Satu sisi kita tidak bisa nyalahin karena kebebasan berpendapat sudah diatur meski ada aturan aturan lain, tapi gimana caranya kita paling tidak, mengurangi hoax. Caranya satu dimulai dari diri kita sendiri,” pungkas dia. (Maj-be/red)