Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sempat Terjadi Baku Tembak, Pelaku Teror Terhadap Warga Sukarame Berhasil Dilumpuhkan SatBrimob Polda Banten

Senin, 29 Juli 2019 | Juli 29, 2019 WIB Last Updated 2019-07-29T18:39:42Z

SWARABanten.com  – Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto, melaporkan kepada Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, tentang situasi terkini di Desa Sukarame Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang. Dalam laporannya, Kapolres Pandeglang mengatakan telah terjadi aksi terorisme kepada warga desa setempat.

Atas Laporan Kapoles Pandeglang tersebut, Kapolda Banten memerintahkan Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Reeza Herasbudi, untuk mengirim pasukan Pelopor dan Gegana ke TKP.

Setelah tiba di  TKP, pasukan Pelopor bergerak dengan gerakan taktis membentuk parimeter sekitar TKP. Parimeter telah berhasil dikuasai pasukan Pelopor,  dilanjutkan pasukan perlawanan teror Detasemen Gegana memasuki TKP dan melaksanakan penetrasi.

Baku tembak pun terjadi dengan teroris. 1 pelaku meninggal dunia dan 1 pelaku lagi, diamankan serta barang bukti 2 pucuk senjata api serta sandera berhasil diselamatkan.

Dari hasil pemeriksaan di TKP, terdapat benda mencurigakan yang diduga bom. Tim Penjinak Bom, pasukan Gegana melaksanakan pendeteksian dan mendisposal benda tersebut, di area yang aman sehingga situasi dinyatakan aman dan sebagai akhir dari skenario latihan tersebut
Demikian gambaran simulasi latihan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam penanganan terhadap organisasi radikal, anti Pancasila dan aksi terorisme. Selain itu, latihan dimaksudkan pula untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Pelopor dalam perang hutan dan Kemampuan tim Gegana.
"Latihan dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Pelopor, yaitu latihan perang hutan dan kemampuan Gegana dalam hal ini kemampuan tim Penjinak Bom, tim Perlawanan Teror, dan tim KBR," kata Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Reeza Herasbudi, seusai upacara penutupan latihan, Senin, (29/07/2019).

Dikatakan Kombes Pol Reeza, upacara penutupan latihan  kemampuan Gegana dan kemampuan Pelopor penindakan organisasi radikal dan anti Pancasila Satuan Brimob Polda Banten tahun 2019, bertempat di Desa Sukarame Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang.

“Alasan penentuan tempat upacara Penutupan latihan di Pantai Carita ini,  sekaligus membantu Pemda untuk mempromosikan kembali pariwisata yang sedang lesu, akibat bencana alam Tsunami tahun lalu. Saat ini situasi pantai Carita sudah aman dan kondusif, masyarakat tidak perlu takut untuk berwisata. Tentunya, tetap menjaga keselamatan diri sendiri dan keluarga,”  tutup Kombes Pol Reeza Herasbudi. (gus/red)