Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Idul Adha, Pasokan dan Harga Pangan Di Lebak Relatif Aman Terkendali

Kamis, 08 Agustus 2019 | Agustus 08, 2019 WIB Last Updated 2020-05-07T11:58:39Z

SwaraBanten.com - Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan rapat kerja, guna membahas pasokan dan harga pangan menjelang Idul Adha 2019 diwilayah Kabupaten Lebak, yang dilaksanakan di Setda Lebak, Banten, Rabu (7/8/2019)

Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lebak, Kepala Perum Bulog Sub Divre Kabupaten Lebak serta OPD Terkait.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2019 yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2019 di Jakarta yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Dalam rapat tersebut Bupati Lebak menyoroti salah satu komoditas pangan dinilainya cukup mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu komoditas cabe, baik cabe merah besar dan kriting serta cabe rawit merah. Menurut Iti, akibat musim kemarau produksi para petani cabai terganggu.

“Kami berharap, pihak Pemerintah Provinsi Banten berperan aktif dalam memetakan komoditas unggulan tiap daerah. Ketika salah satu daerah terkena tekanan tinggi salah satu komoditas yang memang bukan komoditi unggulannya, bisa mendapat pasokan dari daerah lain di Banten yang memang unggulan daerah komoditi tersebut, sehingga tekanan harga dapat bisa dikendalikan,” ungkap Iti

Iti juga menambahkan, dalam upaya menstabilkan harga dan persediaan pasokan pangan, dibutuhkan sinergitas antar stakeholder terkait, sehingga tekanan harga pangan pada saat menjelang hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Adha dapat terkendali. Meskipun ada kenaikan, tapi dalam batas yang wajar.

Iti juga berharap, masyarakat mampu memaksimalkan halaman rumahnya untuk mulai menanam aneka kebutuhan pangan, seperti cabe guna membantu memenuhi kebutuhan sendiri.

"Secara keseluruhan harga dan pasokan pangan sampai bulan agustus ditriwulan ke III ini relatif stabil dan aman,  meskipun beberapa jenis komoditas yang mengalami kenaikan harga, pemerintah daerah akan terus berupaya untuk menstabilkan kembali,” (hms/red)