Satgas Latma Join Minex Pandu 19 Berakhir

Posted by On Agustus 20, 2019

SwaraBanten.com -  TNI Angkatan Laut dan Republic of Singapore Navy (RSN) telah menggelar Latihan Bersama (Latma) Joint Minex Pandu 2019 pada tanggal 14 hingga 19 Agustus 2019. Acara clossing ceremony dihadiri oleh Sekjen Kemhan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji, S.A.P., M.A., di Changi Naval Base Singapura, Senin (19/8).

Pelaksanaan clossing ceremony diawali dengan pemutaran video latihan, dilanjutkan sambutan DCTG dan Sambutan dan Penutupan Latihan oleh CTG, dan diakhiri dengan pertukaran plakat kedua negara.

Dansatgas Latma Joint Minex Pandu 2019 Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., yang menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmada I mengatakan bahwa latihan bersama ini merupakan latihan rutin antara TNI AL dengan RSN dalam peperangan ranjau yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme kedua angkatan laut serta guna menjalin hubungan kerjasama dan diplomasi antara kedua angkatan laut Indonesia dan Singapura.

“Latihan ini bertujuan memberikan dampak deterrent dalam pencapaian stabilitas keamanan di wilayah tanggung jawab Koarmada I, khususnya di Selat Singapura. Dalam latihan bersama yang dilaksanakan di Perairan Selat Singapura dan Perairan Pulau Bintan ini, kedua negara bekerja sama dalam menghadapi kemungkinan ancaman keamanan laut dan alur pelayaran terutama terhadap kemungkinan bahaya ranjau dan Waterborne IED,” ujar Kolonel Rizaldi.

Latihan bersama ini melibatkan kapal perang Indonesia KRI Pulau Rupat-712, KRI Pulau Rengat-711 dan kapal perang Singapura RSS Bedok, RSS Punggol serta Tim Kopaska Koarmada I dan Tim Penyelam RSN (NDU). 

Selanjutnya KRI Pulau Rupat-712, KRI Pulau Rengat-711 meninggalkan dermaga CNB Singapura linla menuju Batu Ampar, Batam, Indonesia.

Hadir dalam clossing ceremony antara lain Sekjen Kemhan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji, S.A.P., M.A., Dansatran Koarmada I Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., selaku Dansatgas Latma Joint Minex Pandu 2019, Atal Indonesia, Atal Singapura, Komandan KRI Pulau Rupat-712, Komandan KRI Pulau Rengat-711, Komandan RSS Bedok, Komandan RSS Punggol dan para peserta latihan kedua negara. (GUS)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »