Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Produktifitas Pertanian, Pemerintah Siapkan KUR Untuk Petani

Rabu, 03 Juni 2020 | Juni 03, 2020 WIB Last Updated 2020-06-03T07:43:01Z
SWARABanten.com Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan) RI diwakili Direktur Pembiayaan Indah Megawati turun langsung mengawal  Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para Petani. Kata dia KUR ini untuk mendorong peningkatan produktifitas pertanian di Indonesia.

Hal ini dikatakan Indah Megawati saat menandatangani MoU dengan Bupati Pandeglang, Selasa (02/06/2020).

Indah mengungkapkan jika KUR ini bukan tahun yang pertama karena digulirkan dari mulai tahun 2015. "Baru kali ini bapak mentri yang baru memerintahkan kami mengawal langsung proses KUR bagi petani," katanya.

Selain itu, ia juga menyampaikan, bahwa Menteri Pertanian meminta agar proses pencairan KUR untuk petani ini bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Semalam pun pak Menteri meminta kepada saya agat KUR dalam minggu ini bisa cair. Setelah melihat panen raya di Pandeglang. Pak Menteri menilai, Banten cukup strategis dan hasil panen cukup tinggi serta kualitas beras cukup baik. Kedatangan kami kesini juga, membawa bank himbara dan of taker, agar petani tidak kesulitan disaat pasca panen nanti," ujarnya.

Masih kata Indah, anggaran untuk KUR Pertanian untuk Kabupaten Pandeglang kurang lebih 300 Milyar yang bisa digunakan oleh semua komoditi bahkan untuk pengadaan alsintan.

"Namun harus kita fahami, pemerintah bukan memberikan subsidi uang melainkan hanya subsidi bunga, dari tahun lalu 7%/ tahun, sekarang menjadi 6%/tahun," ujarnya

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita mengucapkan terimakasih atas respon cepat dari Menteri Pertanian. Ia membenarkan jika pada saat panen raya padi di wilayah tanjung lesung, Menteri Pertanian sempat mengunjungi gudang dan pengolahan padi. 

"Kami punya semangat, namun  sarana prasarana yang belum lengkap. Hal ini mungkin direspon oleh Bapak Menteri,  kami ingin menjadi penghasil benih namun terkendala of taker," ujar Irna

Hadirnya KUR bagi Petani, diungkapkan irna bagaikan angin segar, dimana kata dia kebanyakan petani terkendala biaya dan jaminan untuk melakukan pinjaman. (hms/red)