Warga Desa Katapang Gelar Upacara HUT RI ke-75 Diatas Perahu dan Rakit

Posted by On Agustus 17, 2020


SwaraBanten.com – Selain ada sesuatu yang berbeda pada Upacara Peringatan HUT RI ke-75 di Desa Ketapang Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Selain soal pandemi covid19, di wilayah yang mempunyai obyek wisata bendungan Cikoncang ini, pelaksanaan upacara dilaksanakan diatas perahu dan rakit.

Gagasan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumi Nunggal Cikoncang tersebut terbiang unik. Pasalnya upacara peringatan HUT RI ke-75, dilaksanakan di atas perahu, di lokasi wisata Bendungan Cikoncang, Desa Katapang Kecamatan Wanasalam, Senin (17/08/2020)

Menurut Kepala Desa Ketapang, Emed Kurniawan, selama ini upacara bendera biasanya diadakan di lapangan terbuka. Namun kali ini, sebuah gebrakan baru muncul dari pengelola wisata Bendungan Cikoncang, BUMDes Bumi Nunggal Cikoncang. Mereka mengibarkan Sang Merah Putih diatas perahu.

“Lokasi upacara sendiri yakni ditengah air situ Wisata Bendungan Cikoncang. Acara tak lepas dari protokol kesehatan new normal covid-19, berlangsung dari pukul 8.00 hingga pukul 09.45 WIB,” kata Emed.

Emed mengatakan lebih lanjut, bahwa peserta yang mengikuti upacara tersebut meliputi unsur Pemerintah Desa Katapang, Kelompok Sadar Wisata, Petani, Pedagang dan Tokoh Masyarakat Desa katapang.

Sementara Direktur BUMDes Bumi Nunggal Cikoncang, Iton Setiawan, menambahkan bahwa selain menumbuhkan rasa nasionalisme di elemen masyarakat desa, pelaksanaan upacara tersebut mempunyai daya tarik tersendiri.

“Mudah-mudahan covid-19 cepat berlalu, sehingga kedepannya, peserta upacara tidak kita batasi hanya 50 orang saja. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri dalam promosi wisata dan minat pengunjung setiap tanggal 17 Agustus di Wisata Bendungan Cikoncang,” kata Iton (red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »