Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Polres Serang Kota Bagikan 5000 Paket Daging Kurban

Selasa, 20 Juli 2021 | Juli 20, 2021 WIB Last Updated 2021-07-20T14:35:19Z


SwaraBanten
- Hari Raya Idul Adha yang biasa dirayakan umat muslim di dunia dengan cara berkurban atau menyemblih hewan kurban yang merupakan salah satu amal baik yang disukai oleh Allah SWT.

Penyembelihan hewan yang dilakukan pada 10 Dzulhijjah dilaksanakan usai melangsungkan sholat Idul Adha, bagi umat muslim yang mampu untuk membagi kebahagiaan kepada umat muslim lainnya yang tidak mampu.

Seperti halnya yang dilakukan di Mapolres Serang Kota Polda Banten pada Selasa 20 Juli 2021. Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto mengatakan jika pada perayaan Idul Adha 1442 H/2021 M, Polres Serang Kota melalui seluruh Pejabat Utama dan anggota menyisihkan sebagian rezeki yang didapat untuk membagikan kebahagian kepada sesama dengan menyembelih 33 hewan kurban.

“Sapi 14 dan 19 kambing yang akan dibagikan untuk 5.000 warga di daerah hukum Serang Kota dan diberikan ke pesantren, tokoh masyarakat, tokoh agama, dalam kondisi hidup dan akan di sembelih disana,” kata AKBP Yunus.

Berkurban dapat dilakukan dengan membeli hewan ternak secara pribadi atau berkelompok lalu menyembelihnya dan daging kurban dapat dibagikan kepada orang yang membutuhkan di lingkungan sekitar.

“Ini semua dari seluruh anggota dan PJU Polres Serang Kota sebagai ladang ibadah kewajiban seorang muslim seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim,” tambahnya.

Kapolres Serang Kota berharap, pada momen Idul Adha kali ini selain dapat membagi kebahagiaan ini tentunya menjadi moment kebersamaan antara Polri dengan masyarakat untuk dapat lebih dekat serta mempererat tali silaturahmi.

“Saya sebagai pimpinan danatas nama seluruh anggota Polres Serang Kota mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1442 H, saya berharap dengan moment seperti ini hubungan antara Polri dan masyarakat dapat terjalin lebih baik lagi, dan yang terpenting dapat sama-sama merasakan kebahagiaan di hari raya ini,” ungkap AKBP Yunus.

Perintah kurban sendiri, lanjut Kapolres, sudah diterapkan sejak masa Nabi Adam, Nabi Ibrahim, dan Nabi Muhammad. Tercantum dalam Alquran di surat Al-Kautsar ayat 2 “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah” dan surat Al-Hajj ayat 34-35.

Masih menurut Kapolres, sejumlah hadis juga meriwayatkan Rasulullah berkurban saat Hari Raya Idul Adha. Rasulullah disebut melakukan kurban setiap tahun dengan menyembelih kambing. Selain kambing, ternak lain yang bisa dijadikan hewan kurban ialah domba, sapi, kerbau, dan unta.

Allah memberikan sejumlah keutamaan bagi orang yang berkurban. Salah satunya adalah ampunan untuk keluarganya. Berkurban juga dapat menyucikan atau membersihkan harta dan rezeki yang telah diperoleh. Disamping menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

"Dengan begitu, umat Islam yang berkurban dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketakwaan," imbuhnya. (TP-HUMAS/uc)