Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

HUT ke-60 Gerakan Pramuka, Ini Amanat Ketua Mabiran Kecamatan Walantaka

Sabtu, 14 Agustus 2021 | Agustus 14, 2021 WIB Last Updated 2021-08-14T04:40:46Z

SwaraBanten -
Selaku Ketua Majelis Pembina Ranting (Mabiran), Camat Walantaka Kota Serang,Karsono,S.sos,M.Si memimpin langsung upacara HUT ke-60 gerakan Pramuka, bertempat di bumi perkemahan Kelurahan Lebak Wangi, Sabtu (14/08/2021).

Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, Upacara Peringatan HUT Pramuka kali ini, dilaksanakan dengan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan dan peserta terbatas

Karsono dalam sambutannya menyampaikan, bahwa organisasi kepramukaan genap berusia 60 Tahun, sekalipun sesungguhnya, gerakan pendidikan kepramukaan (kepanduan) di Indonesia berusia jauh lebih tua.

"Namun sejak 60 Tahun lalu kita tidak terpecah belah, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka. Sejatinya, peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal, Gerakan Pramuka," ucap Karsono.

Walaupun kita bergembira, terang Karsono, dapat mengikuti peringatan Hari Pramuka dan sekaligus perayaan 60 Tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak setahun yang lalu, membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut.

"Itulah sebabnya, tema hari Pramuka dan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah, "Pramuka Berbakti tanpa henti, dalam memasuki adaptasi kebiasan baru dengan kedisiplinan kepedulian nasional", terangnya.

"Sementara slogan yang merupakan inti tema tesebut adalah "Pramuka Berbakti Tanpa Henti," imbuhnya.

Hal itu sejalan pula, Karsono menyampaikan, arahan Bapak Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para Pramuka melaksanakan dua gerakan.

"Pertama Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan yang kedua Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama manusia," jelasnya.

Kedua Gerakan tersebut, masih sangat relevan sampai saat ini, lanjut Karsono, sehingga saya mengajak para Pramuka dimanapun berada, untuk mewujudkannya dan dengan memadukan dengan slogan, yang merupakan inti tema hari Pramuka kita ini. Yakni, Pramuka Berbakti Tanpa Henti".

"Kegiatan berbakti ini dapat dilakukan dimana saja, dimulai dari lingkungan keluarga, dan gugus depan masing masing, lalu berbakti pula membantu masyarakat," katanya.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini, masih kata Karsono, juga ditandai dengan menetapkan bulan Agustus sebagai bulan bakti Pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam surat Keputusan Kwartir Nasional No. 094 Tahun 2021.

"Bukan berarti pada bulan bulan lain Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat. Sudah jelas slogan kita, "Berbakti tanpa Henti". Namun khusus di bulan Agustus ini, semua kegiatan tersebut, ditingkatkan, dilipatgandakan dan dimasifkan," ungkapnya.

Karsono, mengajak sekaligus mengimbau kakak kakak dan adik adik untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan 5 M.

"Salurkan kreativitas kakak kakak dan adik adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira," paparnya. (UC)
×
Berita Terbaru Update