Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemkot Serang Lakukan Rotasi Pejabat Eselon II, III dan IV

Sabtu, 07 Agustus 2021 | Agustus 07, 2021 WIB Last Updated 2021-10-02T01:58:33Z


SwaraBanten -
Sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah Kota Serang dirotasi. Beberapa pejabat itu diantaranya 9 orang eselon II, 4 orang eselon III, dan 2 orang eselon IV.

Pada pelantikan yang dilalukan di Aula Setda Kota Serang, Puspemkot Serang, KSB, Kota Serang itu. Turut hadir, Wali Kota Serang Syafrudin, Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin, Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi, dan Sekda Kota Serang Nanang Saefudin. Jum'at (6/8/2021).

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, ada sebanyak tujuh posisi jabatan mengalami kekosongan. Kata dia, sebelum jabatan itu diisi oleh peserta yang berhasil melalui mekanisme open bidding, pihaknya mencoba mengisi kekosongan sesuai kompetensi pejabat.

"Kami merotasi eselon II ini yang pertama bahwa pemerintah kota Serang ini ada tujuh jabatan yang kosong, jadi sebelum tujuh jabatan kosong ini diisi peserta open biding kami mencoba untuk merotasi dulu sesuai kompetensi masing-masing," ungkapnya.

"Yang eselon II ini hasil dari uji kompetensi yang dilaksanakan oleh pansel (panitia seleksi-red) selama satu bulan, diketuai oleh pak Sekda," imbuhnya.

Syafrudin mengungkapkan, setelah rotasi eselon II tersebut dilakukan, pihaknya akan mempersiapkan proses seleksi terbuka atau open bidding untuk pengisian tujuh kepala OPD yang masih kosong itu. Dirinya berharap, kepada eselon II yang baru dilantik dapat segera menyesuaikan diri dengan jabatan yang diemban kini.

"Harapannya kepada para hadirin yang dilantik untuk bisa cepat menyesuaikan diri di kantor masing-masing, kedua dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tupoksi masing-masing," katanya. 

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi B Muhsinun menuturkan, untuk mengisi kekosongan sementara atas tujuh jabatan, Pemkot Serang mengisi dengan Pelaksana Tugas (Plt).

"Jadi yang kosong tetap tujuh JTP, yang tujuh itu di Plt kan. Karena kosong belum ada pejabatnya," jelasnya.

Kata Ritadi, jabatan yang kosong itu diantaranya Asisten Daerah (Asda) 1, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan. Kemudian Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Lingkungan Hidup Daerah.

Lebih lanjut kata dia, untuk mempersiapkan seleksi terbuka atas kekosongan JPT ini, pihaknya akan segera mengirimkan surat Kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk meminta rekomendasi pelaksanaannya.

"Kita usulkan. Kalau dalam rencana agenda kami itu kalau tidak pertengahan atau akhir Agustus ini, sudah melaksanakan tahapan open bidding," ungkapnya.

Sekedar Diketahui, Kesembilan pejabat eselon II yang dirotasi oleh Pemkot Serang, diantara lain, Wasis Dewanto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) kini menjabat sebagai Kepala Dinas UKM Perindustrian dan Perdagangan.

Kemudian, M. Ikbal yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) saat ini sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Anthon Gunawan sebelumnya menjabat sebagai Asisten Daerah (Asda I) kini menjabat sebagai Kepala DP3AKB.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Iwan Sunardi menjadi Kepala DPUPR, Alpendi yang sebelumnya menjadi Staf Ahli Walikota kini dirinya menjabat sebagai Kepala Dindikbud, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika W Hari Pamungkas berotasi menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Selanjutnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) M. Ridwan menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Akhmad Benbela sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) saat ini menjadi Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kemudian Kepala DP3AKB Toyalis kini menjadi Staf Ahli Walikota. (fi-beN)