Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ciptakan Herd Immunity, UPT Puskesmas Walantaka Lakukan Roadshow Vaksinasi Covid 19

Kamis, 25 November 2021 | November 25, 2021 WIB Last Updated 2021-11-25T04:20:31Z


SwaraBanten
- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Walantaka Kecamatan Walantaka Kota Serang, adakan Road show atau kunjungan vaksinasi Covid - 19 tingkat Kelurahan yang kali ketiga, guna memberikan perlindungan terhadap masyarakat dan untuk membentuk herd immunity sehingga penyebaran virus Covid -19 dapat ditekan.


Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Kelurahan Lebakwangi, dan merupakan kunjungan yang kali kedua setelah Kelurahan Walantaka.


Hal ini disampaikan Kepala Vaksinator UPT Puskesmas Walantaka, Sa'anah bahwa Roadshow atau kunjungan ini sudah diagendakan bagi Kelurahan yang masuk dalam wilayah kerja UPT Puskesmas Walantaka.


"Betul ini giat roadshow yang sudah kita agendakan untuk kelurahan yang masuk wilayah kerja UPT Puskesmas Walantaka, demi kejar capaian Herd Immunity yang dicanangkan oleh pemerintah baik pusat dan juga tingkat kota serang sendiri," ucapnya di sela sela kegiatan vaksinasi, Rabu (24/11/2021) pagi.


Untuk di Kelurahan Lebakwangi ini, kata Sa'anah, pihaknya telah memberikan dosis untuk vaksinasi sebanyak 65 vial dengan dosis 0,5 ml, jenis vaksin Sinovac, yang di dominasi vaksinasi tahap pertama.


"Giat kita kali ini gunakan jenis vaksin Sinovac sebanyak 65 vial dengan dosis 0,5 ml yang dapat digunakan untuk satu orang," jelasnya.


"Jadi total warga yang tervaksin sebanyak 130 orang, di dominasi vaksinasi tahap pertama, dan vaksinasi kedua itu memang ada tapi masih sedikit," imbuhnya.


Inipun, masih kata Sa'anah, jumlah data yang masuk atau hadir sebanyak 141 orang, akan tetapi karena ada 11 orang tertunda vaksin dengan alasan kesehatan.


"11 orang ini karena faktor kesehatan, dominasi usia lansia karena tensi darah yang tinggi," ungkapnya.


Untuk warga, lanjut Sa'anah, target sasaran usia lansia masih kurang, dibandingkan kunjungan usia umum untuk melakukan vaksinasi Covid 19 ini.


"Capaian lansia masih kurang, di dominasi usia umum yakni kisaran usia 19 tahun keatas, meskipun begitu kita tetap layani untuk melakukan vaksinasi," ujarnya.


Senada, Kepala Kelurahan Lebakwangi, Aminudin, mengapresiasi kepada warga yang mau melakukan vaksinasi ini, baik itu dosis pertama atau dosis kedua, untuk tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan, terutama memakai masker dan tidak berkerumun, dan mau antri dengan sabar.


"Alhamdulillah yach giat vaksinasi kali ini yang dilakukan pihak UPT Puskesmas Walantaka berjalan lancar dan tertib, warga mau mengantri dan sabar untuk menunggu giliran di vaksinasi, terutama juga mau untuk tidak berdesak desakan yang akan menimbulkan kerumunan dan juga mau untuk memakai masker," ungkapnya.


Khusus untuk warga Kelurahan Lebakwangi, Aminudin menyatakan, yang usia lansia setelah melakukan vaksinasi Covid - 19 ini, sesuai arahan dan instruksi pimpinan Kecamatan Walantaka akan mendapatkan bantuan paket sembako.


"Sesuai arahan Pimpinan Kecamatan Walantaka untuk lansia , dan yang sudah divaksin akan mendapatkan paket sembako," katanya.


Adapun, Aminudin menambahkan teknis pembagian bantuan paket sembako tersebut kita serahkan ke masing masing para Ketua RT dan dikoordinasikan dengan pihak Ketua RW di lingkungan setempat yang sudah memberikan data nama nama lansia yang akan divaksin.


"Teknis pembagian bantuan paket sembako kita serahkan kepada masing masing RW dan RT," ujarnya.


"Hal ini dimaksudkan agar tepat sasaran dan tidak menjadikan perdebatan antar warga," imbuhnya. (*/UC)

×
Berita Terbaru Update