Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Susun RKPD, Kelurahan Teritih Laksanakan Musrenbang Kelurahan

Selasa, 11 Januari 2022 | Januari 11, 2022 WIB Last Updated 2022-01-11T01:50:24Z


SWARABANTEN
-
Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Kelurahan Teritih Kecamatan Walantaka menggelar Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tahun 2023.


Output Musrenbang tersebut untuk penyusunan (RKPD) Kota Serang berupa dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 tahun.


Kegiatan Musrenbang tersebuat, dilaksanakan di aula Kantor Kelurahan, Teritihpada Senin 10 Januari 2022.


Lurah Teritih Sadeli menyampaikan, pembahasan yang mendominasi dalam usulan dan aspirasi musrenbang kelurahan tersebut, mengenai pembangunan fisik.


"Yakni meliputi sarana dan prasarana perbaikan jalan lingkungan, dan drainase pembangunan paving blok jalan lingkungan, serta drainase," ucap Sadeli, kepada swarabanten.com usai kegiatan Musrenbangkel.


Sadeli menjelaskan, ada delapan kegiatan pembangunan fisik dengan estimasi anggaran sebesar hampir 600 jutaan yang telah disepakati, dan itu tersebar di lingkungan tingkat Rukun Warga atau RW yang berada di wilayah Kelurahan Teritih.


"Iya betul itu ada delapan kegiatan yang disepakati, dari usulan program dan kegiatan yang belum dapat diakomodir dalam rancangan RKPD tahun 2022, terus tentang anggaran kita perkirakan diangka mendekati Rp. 600 jutaan, mudah mudahan tahun 2022 ini kedelapan kegiatan usulan program ini dapat direalisasikan," jelasnya.


Adapun sadeli melanjutkan, untuk nama nama lingkungan di Kelurahan Teritih ini, yang telah disepakati dalam usulan program tahun 2022 sebagai berikut.


"Pembangunan jalan aspal atau hotmix di lingkungan RW 008, pembangunan tembok penahan tanah atau TPT di lingkungan grand sutera RW 009, pembangunan paving block di lingkungan kemanduran RW 001, pembangunan paving blok jalan lingkungan sidapurna RW 003, pembangunan drainase di lingkungan RW 002 kewunen, pembangunan paving block jalan di lingkungan Kubang semar RW 004, pembangunan paving block jalan di lingkungan ketileng RW 005, terakhir Pembangunan jalan aspal atau hotmix di lingkungan RT 010 RW 006," urainya.


Sadeli menilai bahwa hasil dari pembangunan fisik atau sarana dan prasarana yang baik, akan memberikan dampak positif kepada sektor lainnya, baik itu pendidikan ataupun kesehatan.


"Untuk pendidikan dan kesehatan merupakan dampak dari hasil pembangunan fisiknya, secara tidak langsung yach, karena akses jalan yang  bagus dan drainase yang lancar akan memperbaiki juga akses ke tempat pendidikan dan fasilitas kesehatan pun jadi lebih mudah dituju juga," jelasnya.


Sementara itu, Camat Walantaka Karsono dalam kata sambutan menyampaikan, pihaknya selaku pimpinan Kecamatan akan terus mengawal semua usulan dan aspirasi masyarakat Walantaka, meskipun belum terealisasi.


"Tapi jangan bosan bosan yach, kita tetap kawal warga kelurahan Teritih khususnya dan umumnya warga se kecamatan Walantaka, untuk terus memberikan usulan dan aspirasi, nanti kami akan mengakomodir mana kebutuhan yang menjadi skala prioritas yang harus segera di realisasikan," jelasnya. 


"Selain melalui Musrenbang, usulan dapat juga di sampaikan langsung ke OPD atau dinas terkait melalui sistem informasi," sambungnya. 


Diketahui kegiatan Musrenbang Kelurahan Teritih Kecamatan Walantaka Kota Serang ini, dihadiri oleh Kabid P2EPD Bappeda Kota Serang, perwakilan Dinas Sosial Kota Serang, Muspika Kecamatan Walantaka yakni Camat Walantaka, perwakilan Polsek Walantaka, Pjs Komandan Koramil 0602 - 03/Walantaka, Kepala Puskesmas Walantaka, Kasipem Kecamatan Walantaka, tiga pilar kelurahan yaitu babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Lurah Kelurahan Teritih, para Ketua RT dan RW, Ketua BKM, Ketua Pokmas, Ketua LPM, karang taruna, perwakilan kader posyandu. (UCI)