Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemkot Serang Gelar Lomba Marhaban dan Gebyar Panjang Mulud, Ini Tujuannya

Rabu, 26 Oktober 2022 | Oktober 26, 2022 WIB Last Updated 2022-10-26T09:48:18Z


SWARABANTEN -
M
elestarikan Budaya sekaligus memperkuat tali silaturahmi antar umat Islam, Pemerintah Kota Serang menggelar kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang dirangkaikan dengan Hari Santri Nasional 2022 dan Gebyar Panjang Mulud Kota Serang Tahun 2022. Rabu (26/10).


Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W, Hari Santri Nasional 2022 dan Gebyar Panjang Mulud Kota Serang Tahun 2022 tersebut diselenggarakan di lapangan Puspemkot Serang, yang dihadiri oleh Walikota Serang  Syafrudin, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin, Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Saefudin, Kepala Kemenag Kota Serang Abdul Rojak, unsur Forkopimda Kota Serang, seluruh jajaran Kepala OPD baik Lurah, Camat se Kota Serang.


Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud sebagai pengembangan nilai budaya sekaligus melestarikan dan mengaktualisasikan adat budaya serta tradisi di Kota Serang, terutama tradisi panjang mulud.


Dalam kesempatan tersebut, Walikota Serang Syafrudin menyampaikan, bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun 2022 ini dilaksanakan di semua tempat dengan sangat meriah dan antusias, seperti tahun ini Pemkot melaksanakan Maulid Nabi Muhammad.


 "Pemkot melaksanakan Maulid Nabi ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dirangkaikan juga dengan hari santri, jadi ada ngeropoknya, ada dzikirnya, ada perlombaannya, juga ada tausyiah nya, beda dengan tahun-tahun kemarin yang hanya ada pawai panjang mulud tidak tanpa tausyiah" Ucapnya.


Syafrudin menambahkan bahwa peringatan Maulid Nabi ini merupakan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Adapun hikmah dari kegiatan ini yang disampaikan ini sebagai ajang silaturahmi antara Pemerintah Kota Serang, ulama serta masyarakat Kota Serang. 


"jarang-jarang pertemuan seperti ini, mudah-mudahan dengan seperti ini kita semakin dekat dengan masyarakat, alim ulama dan para kyai, Kaitannya dengan peringatan Hari Santri Nasional, tentu Pemerintah Kota Serang berharap para santri terus memberikan kontribusi nya kepada masyarakat Kota Serang dan juga Pemerintah Kota Serang." Tambahnya.


Tak hanya itu, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin menambahkan bahwa dengan diadakannya kegiatan ini sebagai satu bentuk bukti bahwa masyarakat Kota Serang cinta kepada Rasulullah SAW dan juga dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Disampaikan bahwa adanya perlombaan panjang mulud sebagai salah satu bentuk melestarikan kearifan lokal di Kota Serang.


"Dengan adanya panjang mulud dalam rangka melestarikan budaya-budaya yang ada dan kearifan lokal kita, sebagai generasi penerus wajib untuk melestarikan kearifan lokal itu" tutu Subadri.


Adapun acara ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya lomba marhaban, lomba kreasi panjang mulud, ngeropok, ngeriung atau Do'a bersama, tausiyah Agama serta santunan anak yatim yang dihadiri oleh 600 santri, 200 pimpinan pondok pesantren. 


Syafrudin menyadari masih banyak kekurangan-kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini, sehingga berjanji akan mengevaluasi sehingga apa yang menjadi kekurangan acara ini dapat diperbaiki di tahun depan. (UC/sumber:ProkopimSetda)