Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jaminan Pendidikan Untuk Warga Binaan, Lapas Cilegon Teken MoU dengan DinasPendidikan

Kamis, 16 Juli 2020 | Juli 16, 2020 WIB Last Updated 2020-07-16T10:20:26Z
SwaraBanten.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon melakukan Penandatanganan perjanjian atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon  guna memberikan jaminan pendidikan Non Formal untuk Warga Binaan (WBP) Lapas kelas IIA Cilegon.

Kerja sama ini diwujudkan dalam kerja sama Program Kelompok Belajar Paket A, B dan C yang diteken dalam Mou di Aula Lapas Kelas IIA Cilegon, Kamis (16/7/2020).

Dikatakan Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon  Masjuno, bahwa kerja sama ini merupakan tindak lanjut pendataan yang dilakukan lapas. Hasilnya, banyak warga binaan yang putus sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Sehingga ia pun menilai kerja sama ini menjadi peluang bagi masyarakat binaan untuk melanjutkan pendidikan. 

"Harapannya setelah keluar dari lapas, mereka punya modal ijazah untuk melamar pekerjaan di luar sana. Minimal kalau punya pekerjaan kan tidak akan lagi mengulangi perbuatannya terdahulu," jelas Masjuno.

Lebih lanjut Masjuna menuturkan, untuk pesertanya, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan seleksi baik seleksi administratif maupun Substantif.” Terkait peserta, kita akan seleksi terlebih dahulu lah, baik administratif dan substantif misalnya warga binaan yang  berkelakuan baik , serta ada sidang tim Pengamat yang berfungsi untuk  mengclusterkan paket mana yang sesui dengan warga binaan,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon Ismatullah menjelaskan, untuk tahap awal dinas pendidikan melakukan kerjasama untuk melakukan pendidikan Non formal di Lapas kelas II Cilegon.

Kegiatan ini, lanjut Ismatullah, dalam rangka memberikan pelayanan dan negara hadir di lapas ini, untuk memberikan jaminan pendidikan kepada mereka (warga binaan) dan inilah investasi terbesar untuk Kota Cilegon dalam rangka mengelola pendidikan. 

"Ini bukan hanya Formal tapi Non formal pun kita lakasanakan sehingga kerjasama ini tentunya yang pertama di kota cilegon dan memberikan arti bahwa ada di lapas pun mendapatkan haknya sebagai warga negara,” ucapnya. (anas)