Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sekretaris Bapera Banten Penuhi Panggilan Bawaslu, Wahyudi: Tak Ada Kaitan Dengan Pilkada

Selasa, 13 Oktober 2020 | Oktober 13, 2020 WIB Last Updated 2020-10-12T22:41:36Z

SwaraBanten.com- Berkait dengan dugaan pelanggaran Pilkada Kabupaten Serang, saat pelantikan pengurus Bapera kabupaten/kota Se-Provinsi Banten, pada 29 September 2020 lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten memanggil Sekretaris Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Banten, Nawawi Arsyad untuk dimintai klarifikasi.

Nuryati Solapari selaku Kadiv Pengawasan Bawaslu Provinsi Banten, memaparkan bahwa pemeriksaan terhadap Sekretaris Bapera Provinsi Banten, adalah upaya dimintai keterangan serta klarifikasi atas laporan dugaan pelanggaran pilkada Kab Serang.

"Setelah ini akan dilakukan kajian tetapi masih ada satu yang belum hadir, kita tunggu. Keterangannya masih ada kesibukan. Memang Bawaslu sudah mengirimkan surat untuk meminta klarifikasi, tapi yang bersangkutan belum bisa hadir. Kalau di dalam Perbawaslu itu 3 hari plus 2, jadi masih ada rentan waktu," paparnya kepada wartawan, di Sekretariat Bawaslu Banten, Senin (12/10/2020).

Sementara itu, menurut Sekretaris Bapera Provinsi Banten Nawawi, aduan tersebut adalah sesuatu hal yang biasa dalam dinamika politik. Ia menyadari, tugas dari Bawaslu harus menindaklanjuti ketika ada aduan dari masyarakat untuk mengklarifikasi.

"Makanya kami hadir untuk memberikan klarifikasi," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pertanyaan yang diajukan Bawaslu sedikitnya ada 40 item terkait dengan aktivitas pelantikan Bapera tersebut.

Meski demikian, pria itu menegaskan inti dari kehadiran dirinya meluruskan dan mengklarifikasi tentang aktivitas yang dilakukan Bapera itu sendiri.

Tim kuasa hukum Bapera Banten H Wahyudi, saat dikonfirmasi melalui sambungan whatsapp, membenarkan soal pemanggilan pengurus Bapera Banten.

Menurut Wahyudi, yang memberikan keterangan pers tadi adalah Nawawi selaku Sekretaris Bapera Banten. Bawaslu tadi mengajukan pertanyaan seputar video sambutan RT Tatu Chasanah sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Bapera Banten, pada saat pelantikan Bapera Banten.

“Jadi sebetulnya tidak ada kaitan dengan pilkada. Dalam video itu tidak ada nama sebagai calon Bupati Serang, tapi itu diduga ada pihak-pihak lain yang membuat atau mengedit nama itu sebagai calon Bupati Serang. Aslinya video itu tidak demikian. Bu Tatu adalah sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Bapera Banten,” kata Wahyudi.

Diketahui, sebelumnya Bawaslu Banten telah memanggil Ketua DPRD Kabupaten Serang, juga Ketua Bapera Kabupaten Serang, Bahrul Ulum pada Sabtu 10 Oktober 2020 kemarin. (mac)

×
Berita Terbaru Update