Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pembangunan Pemakaman Non Muslim Ditolak Warga Terumbu

Jumat, 30 Juli 2021 | Juli 30, 2021 WIB Last Updated 2021-09-27T19:15:36Z


SwaraBanten
- Rencana Pemkot Serang membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi warga non muslim yang berlokasi di Kelurahan Terumbu Kecamatan Kasemen Kota Serang, ternyata tak berlangsung mulus dan mendapat penolakan warga setempat

Mewakili warga, Wakil Ketua Karang Taruna Kelurahan Terumbu Muhamad Izudin menuturkan, alasan penolakan itu, dikarenakan di daerahnya itu 100 persen masyarakatnya beragama Islam.

"Kami Karang Taruna Kelurahan Terumbu dan masyarakat, menolak adanya pembangunan klaster pemakaman non muslim di wilayah kami, yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Serang," katanya.

Izudin juga mengungkapkan, pihaknya tidak ingin ada pemakaman klaster non muslim. Sebab, daerahnya itu merupakan wilayah yang bersejarah, dan melahirkan ulama besar.

"Melahirkan sosok ulama besar dan kharismatik, yakni Kiai Buyut Beji, dan Kiai Terumbu. Jasanya cukup besar dalam penyebaran agama Islam," ungkapnya.

Lebih lanjut, lokasi TPU Syarif Hasan yang akan dibangun itu, berada tepat ditengah-tengah pemukiman warga. Hal ini tentunya berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman, lantaran merasa terganggu dengan adanya pemakaman non muslim.

"Maka dari itu kami dengan tegas menolak pembangunan klaster non muslim, yang akan di bangun di Kelurahan Terumbu," ujarnya.

Izudin melanjutkan, masyarakat meminta agar Pemkot Serang meniadakan pemakaman bagi warga non muslim. Sebab, sebelumnya direncanakan bahwa itu hanya akan digunakan untuk warga muslim. Namun, dalam siteplan pembangunan berbeda.

"Kami menuntut kepada pemerintah, agar memghapus klaster non muslim dari siteplan pembangunan pemakaman Syarif Hasan yang ada di Kelurahan Terumbu," paparnya. (fi/beNN)

×
Berita Terbaru Update