Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jumhadi: Olahraga Tradisional, Kekayaan Yang Harus Dilestarikan

Minggu, 19 Desember 2021 | Desember 19, 2021 WIB Last Updated 2021-12-19T09:14:04Z


SwaraBanten
- Olahraga tradisional merupakan 'kekayaan' berharga peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan agar tidak sirna digerus oleh perkembangan zaman.


Selain membuat sehat, bugar dan gembira, setiap jenis olahraga tradisional, dipastikan sarat dengan makna dan pesan berharga yang tersimpan di dalamnya.


Demikian diungkapkan Ketua KORMI Kota Serang, Jumhadi ditemui di sela kegiatan Festival Olahraga Rekreasi dan Tradisional yang digelar di lapangan Pengampelan, Kampung Ampel, Kelurahan Pengampelan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Sabtu 18 Desember 2021.


"Pada festival Olahraga tradisional KORMI Kota Serang ini, sedikitnya ada enam jenis olahraga sekaligus permainan tradisional yang dilombakan, yaitu egrang, bentengan, bakiak panjang, gatrik, dagongan dan gobak sodor " ucapnya.


Melalui festival Olahraga tradisional yang mengusung tema "Sehat, Bugar, Gembira dan Luar Biasa" ini, Jumhadi menyatakan, agar masyarakat tidak hanya menganggap bahwa olahraga hanya untuk menyehatkan badan saja, melainkan lebih dari itu.


"Misalnya gobak sodor, terang Jumhadi, jenis olahraga tradisional ini sangat dibutuhkan ketangkasan dan strategi yang cepat untuk bisa menerobos pertahanan lawan," ujarnya.


Jika diamati secara cermat, selain melatih fisik dan pikiran seseorang, menurut Jumhadi olahraga ini juga mengajarkan tentang kepribadian.


 Jumhadi mengatakan, ada nilai besar dan berharga yang terkandung dalam olahraga atau permainan gobak sodor ini, yaitu kebersamaan dan kontrol diri, terutama bagi kelompok atau tim yang sedang bertahan.


"Artinya, dalam menjaga sebuah pertahanan satu sama lain harus kompak agar tim penyerang tidak sampai lolos dari penjagaan mereka," ungkapnya.


Begitupun pada jenis-jenis olahraga tradisional lainnya, menurutnya sangat sarat dengan makna. Dengan itu, ia meminta kepada masyarakat Kota Serang untuk turut sama sama melestarikan permainan-permainan tradisional yang nyaris punah ini.


"Harapannya, semoga festival olahraga tradisional KORMI ini bisa mengingatkan masyarakat kita bahwa olahraga tradisional ini merupakan warisan nenek moyang yang sangatlah berharga," harapnya.


Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival KORMI Kota Serang Herlin Saputra mengatakan bahwa kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat.


Lantaran, kata Herlin, selain mengajak masyarakat Sehat, bugar dan bahagia, melalui festival ini merekapun dapat bernostalgia ke masa kecil dulu.


Dari enam jenis olahan tradisional yang dilombakan, Herlin melanjutkan, tercatat sekitar 300 orang yang terlibat menjadi peserta lomba yang merupakan perwakilan dari enam kecamatan se-Kota Serang.


"Masyarakat setempat pun cukup antusias. Alhamdulillah melalui kegiatan festival ini, olahraga olahraga tradisional yang nyaris punah dapat tersosialisasikan," katanya.


Hal itu, Herlin menambahkan, sudah sesuai dengan tujuan digelarnya kegiatan ini, yaitu melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan olaharaga rekreasi masyarakat Kota Serang, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat Kota Serang.


"Outputnya adalah menyebarluaskan dan memberdayakan peran serta masyarakat dalam pengembangan keutuhan jasmani dan rohani serta hubungan sosial dengan kebiasaan hidup sehat, bugar, gembira, kreatif dan produktif," paparnya.(UC)